Iqbal

25740000

funded

0

to go

94

donors

100% funded
Fully funded

Iqbal - menderita Wilson Disease

Mengidap kelainan genetik yang langka, Iqbal butuh pertolonganmu!

Pada tahun 2015, Iqbal telah sering mengalami gejala cepat lelah dan pucat. Remaja yang saat ini telah berusia 15 tahun ini lalu diperiksa laboratorium hasilnya ia mengalami bisitopenia atau penurunan komponen darah. Keadaan semakin genting sehingga ia pun dirujuk ke RSCM dan diidentifikasi terjangkit anemia aplastic dd/ preleukemia dd/talasemia. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan, dokter kemudian mendiagnosis Iqbal lebih lanjut dan Iqbal dinyatakan mengidap penyakit Wilson disease dan Varises Esophagus.

Wilson disease adalah kelainan genetik yang langka atau bawaan yang menyebabkan terjadinya penumpukan zat tembaga di dalam sel-sel hati. Penyakit ini terjadi karena adanya mutasi pada gen sehingga tembaga dalam tubuh tidak dapat dibuang dan menumpuk di sel hati dan merusak organ hati. Varises Esophagus sendiri merupakan pembesaran vena secara abnormal yang terletak di esophagus, jalur yang menghubungkan kerongkongan dan lambung. Hal ini terjadi karena penyumbatan aliran darah sehingga memicu aliran ke pembuluh darah kecil. Keadaan ini dapat berakibat fatal apabila pembuluh darah kecil pecah.

Walaupun telah menjalani banyak tindakan medis, Iqbal masih harus secara minum obat Penicillamine seumur hidup agar mencegah penyebaran penyakit pada tubuhnya. Obat ini membutuhkan biaya yang tinggi dan berkepanjangan, padahal ayah Iqbal hanyalah seorang kuli bangunan dan ibunya hanyalah ibu rumah tangga.

Mari bantu Iqbal untuk sehat kembali...

Jika pasien ini mendapatkan dana...

Iqbal akan mendapatkan obat Penicillamine


Rencana Penggunaan Dana

Penicillamine (90kaps/bulan x 22.000/kaps x 12 bulan) = Rp 23.400.000

Kebutuhan = Rp 23.400.000

Biaya Operasional WeCare.id (10%)= Rp  2.340.000

Total= Rp 25.740.000

  • Obat-Obatan

    Rp23.400.000

    Penicillamine (90kaps/bulan x 22.000/kaps x 12 bulan)

  • Biaya Operasional WeCare.id

    Rp2.340.000

    Operasional WeCare (10%)

Read more about WeCare.id Operational Fund

Wilson disease merupakan penyakit keturunan langka yang menyerang 1 dari 30.000 orang di seluruh dunia. Penyakit ini terjadi karena penumpukan tembaga di hati, otak, dan organ vital lainnya. Penyakit ini biasa menyerang orang berumur 5-35 tahun karena dibutuhkan waktu bertahun-tahun hingga tembaga menumpuk berlebih dan justru mengganggu kesehatan bahkan mengancam hidup.

Gejala Wilson Disease tergantung pada bagian tubuh yang terkena gangguan. Pada hati, tubuh terasa lemah dan lelah dan kulit menguning sedangkan gejala pada otak yaitu menurunnya daya ingat dan kemampuan bicara. Gejala pada mata adalah munculnya cincin Kayser-Felischer (Kayser-Felisher ring) dan katarak berbentuk bunga matahari (sunflower cataract). Gejala lainnya yang dapat dihadapi oleh pengindap Wilson Disease adalah kuku berwarna biru, batu ginjal, osteoporosis prematur, arthritis, menstruasi tidak teratur, dan lain-lain.

Sumber:

http://www.alodokter.com/penyakit-wilson

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wilsons-disease/symptoms-causes/syc-20353251

Want to know more about this diagnosis? Ask WeCare.id Medical Team

Patient Updates

Picture

Rabu, 01 November 2017

Crowdfunding Background

Suatu hari Iqbal dirujuk ke RSCM dan diidentifikasi terjangkit anemia aplastic, preleukemia dan talasemia. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan, dokter kemudian mendiagnosis Iqbal lebih lanjut dan Iqbal dinyatakan mengidap penyakit Wilson disease dan Varises Esophagus. Tindakan medis harus dilakukan dan dokter mengatakan Iqbal harus  minum obat Penicillamine seumur hidup agar mencegah penyebaran penyakit pada tubuhnya. Orang tua Iqbal tidak sanggup membelinya karena ayahnya bekerja sebagai kuli bangunan yang penghasilannya hanya cukup untuk biaya makan sehari-hari. Namun jika obat untuk Iqbal tidak dibeli, keadaannya akan semakin buruk. Berita ini sampai ke tim wecare.id dan orang tua Iqbal berharap ada jalan keluar bagi kesulitan anaknya.


Picture

Jumat, 01 Desember 2017

Crowdfunding begins

Iqbal membutuhkan bantuan berupa biaya untuk obat-obatan yang akan diminumnya seumur hidup. WeCare.id menggalang dana untuk kebutuhan obat Iqbal selama tiga bulan ke depan. 


Picture

Kamis, 04 January 2018

Fully Funded

Kini donasi untuk Iqbal telah terkumpul. Orang tua Iqbal dapat bernapas lega karena mengetahui bahwa obat untuk perbaikan kondisi anak mereka akan didapat. Setahun ke depan orang tua Iqbal sedikit lebih tenang, sambil terus berusaha mencari cara agar bisa mendapat obatnya seumur hidup. 


Picture

Kamis, 01 Februari 2018

Post Donation

Setelah donasi terkumpul, WeCare.id menyalurkan dana untuk Iqbal secara bertahap tiap bulannya agar donasi dapat digunakan untuk membeli obat penicilamine. Hal ini dilakukan hingga setahun ke depan. 


Proposed By

-

-

Hospitalized at

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo
Jl. Diponegoro No. 71, Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Share informations about Iqbal in social media

WeCare.id Share on Facebook

Search for other patients

Azzam Rizaldy (5 )

DKI Jakarta

Cerebral palsy

Azzam, anak dari seorang buruh harian ini belum dapat duduk mandiri di usianya yang sudah 5 tahun. Saat umur 1 tahun, orang tua Azzam merasa perkembangan anaknya tidak sesuai umur (belum bisa apa-apa). Kemudian sang Ibu memeriksakan Azzam ke puskesmas dan dirujuk ke RSUD,  lalu dirujuk lagi ke R
Read More
0% funded
0 funded
9398400 to go
0 donors

Alisya (2 )

DKI Jakarta

Maple Syrup Urine Disease

Saat buah hati lahir adalah saat yang paling ditunggu dan penuh kebahagiaan. Namun saat momen bahagia itu, orang tua dari Alisya diliputi rasa sedih karena Alisya dan saudara kembarnya mengalami koma. Bayi kembar ini dirawat di unit intensif neonatal hingga tiga bulan lamanya. Alisya bebe
Read More
79.779510621135% funded
14835000 funded
18595000 to go
68 donors

Bayi Ny. Nia (0 )

Jawa Barat

Respiratory Distress Syndrome

Lahir dengan sempurna adalah keinginan setiap orang tua bagi anaknya. Namun kisah sedih dialami bayi mungil yang dikandung Ibu Nia. Ia terpaksa harus lahir prematur karena sang Ibu Nia mengalami pre-eklamsia berat. Pre-eklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan
Read More
131.07735781526% funded
20985000 funded
16009630 to go
55 donors