Alfandi

16870000

funded

-2803750

to go

28

donors

100% funded
Fully funded

Menderita atresia bilier dan sirosis, Alfandi membutuhkan bantuanmu!

Alfandi - menderita Atresia Bilier, Sirosis Hepar

Jika mendapatkan bantuan, dana akan digunakan untuk biaya susu pregestimil sebanyak 15 kaleng/bulan dan obat-obatan selama 3 bulan serta tunggakan iuran BPJS selama 1 bulan untuk 4 otang anggota keluarga.

Mari bantu Alfandi untuk meningkatkan status gizinya!

Namun sayang, perbaikan kondisi Alfandi terbentur dengan kondisi ekonomi orang tuanya. Ayahnya buruh serabutan, tidak mempunyai penghasilan tetap dan ibunya tidak bisa bekerja karena harus mengurus Alfandi. Biaya untuk membeli susu dan obat-obatannya sangat mahal jika dibandingkan dengan penghasilan orangtuanya.

Bila kondisi memungkinkan, Alfandi direncanakan akan dioperasi transplantasi hati. Orang tua Alfandi sedang mengusahakan agar anaknya mendapatkan donor. Sebelum ditransplantasi hati, keadaan umum bayi malang ini harus diperbaiki dan status gizinya harus dinaikkan. Dokter menyarankan agar Alfandi mengonsumsi susu dengan kandungan khusus dan meminum obat-obatannya dengan rutin.

Belum genap usia setahun, Alfandi sudah mengalami ujian hidup yang berat. Sejak usia satu minggu, tubuhnya kuning dan tak kunjung pulih. Saat usia 3 bulan, Alfandi pernah dioperasi laparotomi eksplorasi (bedah terbuka yang dilakukan agar dapat menjangkau organ dan jaringan internal tubuh untuk keperluan diagnostik) hingga akhirnya dokter menyimpulkan bahwa ia mengidap atresia bilier (kondisi langka yang menyebabkan penyumbatan saluran empedu) dan sirosis (kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang). Diketahui juga bahwa kondisi gizi Alfandi kurang baik.

  • Nutrisi

    Rp11.475.000

    Pregestimil 15 kaleng/bulan x Rp 255.000/kaleng x 3 bulan

  • Obat-Obatan

    Rp340.500

    Apialys dan Santa-E selama 3 bulan = Rp 340.500

  • Transportasi

    Rp870.000

    Transport kontrol Depok – RSCM utk 2 orang: 3 bulan x Rp 290.000

  • BPJS

    Rp102.000

    Tunggakan BPJS kelas 3 selama 1 bulan (4 orang anggota keluarga): Rp 25.500 x 4 orang

  • Biaya Operasional WeCare.id

    Rp1.278.750

    Biaya operasional WeCare.id (10%)

Read more about WeCare.id Operational Fund

Atresia bilier

Atresia bilier adalah kondisi langka yang menyebabkan penyumbatan saluran empedu umumnya menyerang anak balita. Saluran ini dalam ilmu anatomi dikenal sebagai duktus hepatikus yang bertanggung jawab membawa cairan empedu dari hati ke kantong empedu untuk disimpan dan ke usus kecil untuk digunakan dalam pencernaan. Cairan empedu berperan penting dalam membawa racun dan produk sisa keluar tubuh, dan membantu pencernaan lemak dan pernyerapan vitamin larut lemak A, D, E, dan K. Jika saluran empedu tersumbat, cairan empedu meningkat di hati dan menyebabkan kerusakan hati. Kondisi ini dapat membahayakan nyawa.

Gejala awal atresia bilier yaitu sakit kuning dan mata kuning disertai dengan urin berwarna gelap, BAB berwarna abu-abu atau putih, dan pertumbuhan lambat. Penyakit yang menyerang 1 dari 18.000 bayi yang ada dunia ini dapat dibagi menjadi dua jenis: fetal dan perinatal. Atresia bilier fetal muncul daat bayi masih di dalam rahim. Atresia bilier perinatal lebih sering terjadi pada anak dan tidak disadari hingga 2-4 minggu setelah kelahiran. Beberapa bayi, khususnya yang lahir dengan atresia bilier fetal, juga memiliki kecacatan pada jantung, limpa dan usus.

Sirosis hati

Penyakit sirosis hati atau sirosis hepatis merupakan penyakit liver kronis di mana sel-sel dan jaringan hati yang sehat diganti dengan jaringan parut yang tidak memiliki fungsi seperti hati yang normal. Kerusakan yang disebabkan oleh sirosis tidak dapat kembali normal dan akhirnya kerusakan bisa meluas sehingga hati berhenti berfungsi. Ini kondisi yang disebut dengan gagal hati.

Sumber:

1. https://hellosehat.com/penyakit/atresia-bilier/

2. https://www.docdoc.com/id/info/condition/biliary-atresia

3. https://mediskus.com/penyakit/sirosis-hati-hepatis

Want to know more about this diagnosis? Ask WeCare.id Medical Team

Proposed By

-

-

Hospitalized at

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo
Jl. Diponegoro No. 71, Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Share informations about Alfandi in social media

WeCare.id Share on Facebook

Search for other patients

Azzam Rizaldy (5 )

DKI Jakarta

Cerebral palsy

Azzam, anak dari seorang buruh harian ini belum dapat duduk mandiri di usianya yang sudah 5 tahun. Saat umur 1 tahun, orang tua Azzam merasa perkembangan anaknya tidak sesuai umur (belum bisa apa-apa). Kemudian sang Ibu memeriksakan Azzam ke puskesmas dan dirujuk ke RSUD,  lalu dirujuk lagi ke R
Read More
0% funded
0 funded
9398400 to go
0 donors

Alisya (2 )

DKI Jakarta

Maple Syrup Urine Disease

Saat buah hati lahir adalah saat yang paling ditunggu dan penuh kebahagiaan. Namun saat momen bahagia itu, orang tua dari Alisya diliputi rasa sedih karena Alisya dan saudara kembarnya mengalami koma. Bayi kembar ini dirawat di unit intensif neonatal hingga tiga bulan lamanya. Alisya bebe
Read More
79.779510621135% funded
14835000 funded
18595000 to go
68 donors

Bayi Ny. Nia (0 )

Jawa Barat

Respiratory Distress Syndrome

Lahir dengan sempurna adalah keinginan setiap orang tua bagi anaknya. Namun kisah sedih dialami bayi mungil yang dikandung Ibu Nia. Ia terpaksa harus lahir prematur karena sang Ibu Nia mengalami pre-eklamsia berat. Pre-eklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan
Read More
131.07735781526% funded
20985000 funded
16009630 to go
55 donors