Bayi Ny. Nia

20985000

funded

16009630

to go

55

donors

Rp.
56.724448926777% funded

Born prematurely and suffering from respiratory distress syndrome, Ms. Nia's baby needs your help!

Bayi Ny. Nia - menderita Respiratory Distress Syndrome

Lahir dengan sempurna adalah keinginan setiap orang tua bagi anaknya. Namun kisah sedih dialami bayi mungil yang dikandung Ibu Nia. Ia terpaksa harus lahir prematur karena sang Ibu Nia mengalami pre-eklamsia berat. Pre-eklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).  Preeklamsia juga sering dikenal dengan nama toksemia atau hipertensi yang diinduksi kehamilan. 


Saat lahir, berat badannya hanya 1,7 kg, jauh dari normal. Karena lahir sebelum waktu kelahiran normal, bayi Ibu Nia mengalami asfiksia (ondisi kekurangan oksigen pada pernapasan) dan hipoglikemia (kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal). Diketahui juga bahwa bayi malang ini mengalami ikterik neonatarum, yaitu perubahan warna menjadi kuning yang terjadi pada neonatus atau bayi-bayi yang baru lahir. Perubahan warna ini terlihat pada mata, rongga mulut, dan kulit. Dokter juga mendiagnosis bahwa bayi Ibu Nia menderita respiratory distress syndrome.

Karena kondisi yang dialami bayi Ibu Nia tersebut, selama berhari-hari sang bayi harus dirawat di ruang NICU. Tentu saja biaya yang dibutuhkan sangat besar.  Suami ibu Nia seorang penjahit, rata-rata penghasilannya tidak cukup untuk biaya perawatan yang dibutuhkan. Karena kondisi istrinya yang lemah saat akan melahirkan, sang suami tidak sempat mengurus dokumen untuk mendapatkan kartu peserta BPJS bagi anaknya. 


Mari bantu biaya perawatan bayi Ibu Nia!


Jika mendapatkan bantuan, dana akan digunakan untuk biaya ruang perawatan intensif neonatal (NICU) selama 14 HARI, tindakan medis, pemriksaan penunjang dan alat medis (inkubator, oksigen, monitor, dll). 

  • Ruang perawatan

    Rp11.564.000

    Ruang NICU 14 hari

  • Tindakan medis

    Rp6.341.382

    Injeksi obat-obatan, pemasangan CPAP dan ventilator

  • Pemeriksaan Penunjang

    Rp2.316.100

    Pemeriksaan thorax AP per 2 hari sekali

  • Alat Medis

    Rp13.410.000

    Inkubator Rp 299.000/hari, Oksigen Rp 276.000/hari, Infuse pump Rp 162.000/4 jam, monitor RP.284.000/hari, syringe pump RP. 299.000/hari, ventilator+compress Rp 840.000/hari.

  • Biaya Operasional WeCare.id

    Rp3.363.148

    Biaya Operasional WeCare.id (10%)

Read more about WeCare.id Operational Fund

Acute Respiratory Distress Syndrome atau disingkat ARDS adalah kondisi yang muncul ketika cairan mengumpul di alveoli, yaitu kantung udara kecil dan elastis pada paru-paru. Cairan biasanya merembes dari pembuluh darah kecil.

Kumpulan cairan ini dapat membuat paru-paru tidak cukup terisi udara dan pasokan oksigen ke aliran darah menjadi berkurang. Hal tersebut mengakibatkan organ-organ, seperti ginjal dan otak, tidak dapat bekerja normal atau bahkan berhenti berfungsi karena tidak mendapat cukup oksigen.

Penyebab ARDS adalah merembesnya cairan dari pembuluh darah kapiler (pembuluh darah terkecil) dalam paru-paru ke dalam alveoli, tempat di mana seharusnya darah dipasok dengan oksigen. Pada kondisi normal, membran pembuluh darah akan menjaga cairan tetap di dalam. Adanya cedera atau penyakit yang berat dapat menyebabkan kebocoran cairan dari dinding pembuluh darah. Cedera dan penyakit tersebut di antaranya adalah:

  • Sepsis.
  • Menghirup zat berbahaya, seperti asap pekat atau uap kimia.
  • Pankreatitis.
  • Tersedak muntahan atau kondisi nyaris tenggelam.
  • Pneumonia berat.
  • Cedera di kepala, dada, atau bagian tubuh lainnya.
  • Luka bakar.
  • Overdosis obat tidur atau antidepresan.
  • Menerima transfusi darah dengan volume darah yang banyak.

Sumber: http://www.alodokter.com/acute-respiratory-distress-syndrome

Want to know more about this diagnosis? Ask WeCare.id Medical Team

Proposed By

Medikator RS Hermina Pasteur

-

Hospitalized at

RS Hermina Pasteur
Jalan Doktor Djunjunan No.107, Pasteur, Pajajaran, Cicendo, Pajajaran, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40173

Share informations about Bayi Ny. Nia in social media

WeCare.id Share on Facebook

Search for other patients

Azzam Rizaldy (5 )

DKI Jakarta

Cerebral palsy

Azzam, anak dari seorang buruh harian ini belum dapat duduk mandiri di usianya yang sudah 5 tahun. Saat umur 1 tahun, orang tua Azzam merasa perkembangan anaknya tidak sesuai umur (belum bisa apa-apa). Kemudian sang Ibu memeriksakan Azzam ke puskesmas dan dirujuk ke RSUD,  lalu dirujuk lagi ke R
Read More
0% funded
0 funded
9398400 to go
0 donors

Alisya (2 )

DKI Jakarta

Maple Syrup Urine Disease

Saat buah hati lahir adalah saat yang paling ditunggu dan penuh kebahagiaan. Namun saat momen bahagia itu, orang tua dari Alisya diliputi rasa sedih karena Alisya dan saudara kembarnya mengalami koma. Bayi kembar ini dirawat di unit intensif neonatal hingga tiga bulan lamanya. Alisya bebe
Read More
79.779510621135% funded
14835000 funded
18595000 to go
68 donors

Bayi Ny. Nia (0 )

Jawa Barat

Respiratory Distress Syndrome

Lahir dengan sempurna adalah keinginan setiap orang tua bagi anaknya. Namun kisah sedih dialami bayi mungil yang dikandung Ibu Nia. Ia terpaksa harus lahir prematur karena sang Ibu Nia mengalami pre-eklamsia berat. Pre-eklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan
Read More
131.07735781526% funded
20985000 funded
16009630 to go
55 donors