Ibu hamil di pedesaan kesulitan akses informasi kesehatan, mari bantu mereka!

Bantu BundaTextTalk sekarang

19.028115266749% funded

1823000

funded

7757560

to go

Campaign Closed
Diajukan oleh -

Ibu hamil di pedesaan kesulitan akses informasi kesehatan, mari bantu mereka!

Kualitas generasi penerus bangsa dipengaruhi oleh kualitas kesehatan sejak di dalam kandungan. Bayi yang lahir sehat dan cerdas adalah bibit-bibit unggul yang dapat menentukan masa depan suatu bangsa, bahkan dunia. Pengetahuan tentang kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang bayi di usia emas sangatlah penting untuk diketahui seluruh masyarakat. It takes a village to raise children, sebuah ungkapan yang sangat tepat untuk menggambarkan pentingnya peran keluarga dan masyarakat dalam memperhatikan kesehatan dan menciptakan lingkungan yang baik dan kondusif bagi perkembangan anak. Namun demikian, masyarakat di beberapa daerah pedesaan umumnya kurang atau tidak memiliki akses pengetahuan tentang kesehatan ibu hamil, bayi baru lahir dan anak dikarenakan fasilitas dan tenaga kesehatan yang terbatas dan jauh dari tempat tinggal. Hal ini mendasari sekelompok masyarakat yang tergabung dalam "Perkumpulan Inisiatif" untuk menjalankan program BundaTextTalk. 


BundaTextTalk adalah perangkat layanan berbasis SMS gateway yang berfungsi mengirim dan menerima informasi dan bersifat open-source, atau dapat diakses dan dimanfaatkan bagi masyarakat desa maupun kota yang terbatas mendapatkan layanan kesehatan.


BUNDA merupakan singkatan dari BUnda Neonatal Dan Anak, sedangkan TexTalk merupakan bentuk obrolan tertulis (teks) yang umum dilakukan pada telepon seluler dalam bentuk pesan singkat atau Shot Message Services (SMS).

Disamping berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi, Bunda TexTalk pun berfungsi sebagai sarana pertukaran pengetahuan, pengalaman, sukacita dari setiap perempuan yang pernah mengalami kehamilan dan persalinan yang dikemas kedalam pesan singkat yang diformulasikan oleh kaum perempuan itu sendiri, yang secara khusus berada di wilayah perdesaan.

Isi pesan singkat berisi informasi yang bersifat medis klinis, dan muatan lokal tentang kesehatan yang dipadukan dari pengalaman setiap kaum perempuan ataupun para suami yang mengalami pengalaman yang berbeda-beda, untuk kemudian dituangkan kedalam pesan singkat berikut penggunaan bahasa yang sesuai dengan konteks daerahnya.

Aplikasi Bunda TexTalk di kelola secara mandiri oleh komunitas di desa, yang terdiri dari Bidan Desa dan Kader Posyandu. Keberlanjutan Bunda TexTalk bergantung pada komitmen tenaga kesehatan, solidaritas kader kesehatan dan pemerintahan desa maupun diatasnya khususnya dalam pembiayaan.

Kegiatan kelompok Bunda TexTalk di Desa diantaranya ;

1. Melakukan pembaruan data ibu hamil dan rumah tangga di desanya.

2. Merumuskan pesan-pesan singkat sebagai informasi edukatif bagi ibu hami semasa kehamilan, paska persalinan dan nifas, berikut juga bagi para pendampingnya dalam rangka mempromosikan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) maupun manajemen pengendalian persalinan di desa.

3. Mengirimkan pesan pengingat perkembangan usia kehamilan otomatis bagi ibu hamil dan pendaming.

4. Mengirimkan pesan pengingat yang bersifat informasi, edukasi, himbauan, anjuran dan arahan kepada ibu hamil dan pendampingnya berdasarkan usia kehamilannya.

5. Mengirimkan pesan massal kepada ibu hamil maupun pendamping terkait informasi tentang kejadian luar biasa, sukacita kelahiran, pengumuman pertemuan rutin/ kegiatan kesehatan masyarakat.

6. Memberikan layanan konsultasi personal baik ibu hamil dan pendampingnya secara langsung dengan tenaga kesehatan (bidan desa).


Perkembangan saat ini, Bunda TexTalk telah dipraktikkan di beberapa desa di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur.   di kabupaten Majalengka, operasional BundaTextTalk masih bergantung pada kesukarelaan kelompok pengelolanya.

Yang tengah berjalan, Bunda TexTalk berupaya untuk dikembangkan di desa-desa wilayah Aceh, NTB dan Sulawesi Selatan yang di fasilitasi oleh Perkumpulan Inisiatif sebagai pemprakarsa platform Bunda TexTalk sekaligus memberikan pendampingan teknis bagi desa-desa dalam mengoperasikan dan memanfaatkan layanan dari Bunda Textalk.



Mari bantu Ibu hamil di desa-desa untuk mendapatkan akses konsultasi kesehatan!


Jika donasi terkumpul, dana akan digunakan untuk kebutuhan pulsa, modem internet dan rapat pengelola komunitas. 

Baca lebih lanjut mengenai Dana Operasional WeCare.id

Patient Updates Information of this initiative is not available yet

Rincian Dana

Biaya Kebutuhan Program Rp8.709.600
Biaya Operasional WeCare.id Rp870.960

Total Rp9.580.560

Read more about WeCare.id Operational Fund

Funded by (8)

Hospitalized at

WeCare.id
Freeware Spaces Jalan Bangka XII No.4

Atau bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.

Search for other initiatives

48 donors

Gempa di Lombok

Peduli Gempa Lombok (0) - Nusa Tenggara Barat
Oleh Medikator Medikator WeCare.id
23.548645% funded
23548645 funded
76451355 to go
8 donors

Program Pendampingan Kesehatan Ibu Hamil di Pedesaan

Campaign Closed
BundaTextTalk (0) - Jawa Barat
Oleh Medikator -
19.028115266749% funded
1823000 funded
7757560 to go
7 donors

TBM FKUI

Banjir Belitung Timur (1) - Bangka Belitung
Oleh Medikator -
0% funded
1785000 funded
0 to go