Pasien Primary Immunodeficiency

725000

terdanai

202342375

kekurangan

4

donatur

Rp.
0.35702436198823% Complete

Pasien kekurangan komponen kekebalan tubuh bawaan (imunodefisiensi primer) membutuhkan bantuanmu!

Rajin belajar saja ternyata tidak cukup untuk menjadikan seorang anak dapat mencapai masa depan yang dicita-citakannya. Kesehatan merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi performa aktivitas seorang anak. Banyak anak-anak dengan potensi kecerdasan yang baik namun memiliki keterbatasan aktivitas karena sering terkena infeksi akibat penyakit bawaan yang menyebabkan kurangnya komponen kekebalan tubuh. Penyakit tersebut adalah penyakit imunodefisiensi primer. Nama penyakit tersebut masih jarang terdengar, namun anak dengan penyakit tersebut dapat memiliki harapan hidup yang baik apabila sudah dikenali dan diterapi sejak dini.

Salah satu penderita penyakit imunodefisiensi primer adalah Qaiz. Qaiz sudah mengalami diare, infeksi saluran napas, serta infeksi kulit yang terjadi berulang kali sejak usia 2 bulan. Infeksi berulang tersebut menyebabkan Qaiz harus dirawat inap lebih dari sepuluh kali, serta mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

Pada awal Desember 2017, Qaiz dibawa ke RSCM dengan kecurigaan ke arah penyakit bawaan yang menyebabkan berkurangnya komponen kekebalan tubuh atau penyakit imunodefisiensi primer. Selama proses penegakan diagnosis oleh dokter, Qaiz diketahui menngalami salah satu jenis penyakit imunodefisiensi primer yaitu hipogamaglobulinemia (combined variable immunodeficiency/CVID).

Penyakit ini merupakan kelainan bawaan yang menyebabkan limfosit B tidak dapat memproduksi antibodi yang berguna untuk melawan infeksi. Pengobatan utama untuk penyakit Qaiz adalah dengan pemberian antibodi atau immunoglobulin intravena (IVIg). Terapi tersebut harus dilakukan rutin setiap 3 - 4 minggu seumur hidupnya. Banyaknya imunoglobulin intravena yang dibutuhkan Qaiz bergantung dengan berat badannya. Dengan berat badan Qaiz saat ini, dia membutuhkan 4 botol imunoglobulin intravena setiap bulan dengan harga per botolnya sebesar 2 juta rupiah. Ayah Qaiz hanya mempunyai penghasilan upah minimum, sehingga tidak cukup untuk membiayai terapi imunoglobulin intravena Qaiz setiap bulannya.

Qaiz bukanlah satu-satunya anak yang mengalami kekurangan kekebalan tubuh. Terdapat beberapa anak lainnya yang sama-sama cerdas namun sering terinfeksi dan akhirnya menghambat tumbuh kembang dan aktivitasnya, yaitu Abel, Rizky dan Jason. Ditambah lagi, orang tua mereka tidak mampu membiayai kebutuhan obat yang relatif mahal tersebut. Ke depan masih ada harapan. Jika anak-anak ini mendapat bantuan dan menerima pengobatan, mereka dapat bersekolah dengan ceria dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.


Mari bantu pasien dengan penyakit kekurangan imun bawaan ini agar tidak cepat terinfeksi lagi! 


Jika mendapatkan bantuan, dana akan digunakan untuk membeli imunoglobulin intravena sebanyak 95 buah untuk 4 orang pasien selama 6 bulan. 

Baca lebih lanjut mengenai Dana Operasional WeCare.id

  • Obat-Obatan

    Rp143.325.000

    Intratect @Rp 2.047.500 x 70 vial

  • Obat-Obatan

    Rp59.742.375

    Gammaras @Rp 2.389.695 x25 vial

  • Biaya Operasional WeCare.id

    Rp10.153.369

    Biaya operasional 5% dipotong dari donasi yang terkumpul

Didanai oleh

  PREV
  NEXT

Bekerjasama dengan

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo
Jl. Diponegoro No. 71, Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Bantu publikasikan inisiatif ini

WeCare.id Share di Facebook

Lihat inisiatif lain

Pasien Primary Immunodeficiency

DKI Jakarta

Primary Immunodeficiency Disease

Rajin belajar saja ternyata tidak cukup untuk menjadikan seorang anak dapat mencapai masa depan yang dicita-citakannya. Kesehatan merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi performa aktivitas seorang anak. Banyak anak-anak dengan potensi kecerdasan yang baik namun memiliki keterbatasan ak
Baca Selengkapnya
0.3583035931055% Terdanai
725000 terdanai
202342375 kekurangan
4 donatur

BundaTextTalk

Jawa Barat

Program Pendampingan Kesehatan Ibu Hamil di Pedesaan

Kualitas generasi penerus bangsa dipengaruhi oleh kualitas kesehatan sejak di dalam kandungan. Bayi yang lahir sehat dan cerdas adalah bibit-bibit unggul yang dapat menentukan masa depan suatu bangsa, bahkan dunia. Pengetahuan tentang kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang bayi di usia emas sanga
Baca Selengkapnya
9.3975947638383% Terdanai
823000 terdanai
8757560 kekurangan
5 donatur

Kebutuhan Susu

DKI Jakarta

Susu untuk Anak-Anak dengan Kebutuhan Khusus

Susu merupakan sumber asupan nutrisi yang penting bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pada pasien anak-anak dengan kondisi tertentu, tidak jarang jenis susu yang dibutuhkan merupakan susu khusus yang harganya cukup mahal dan tidak dijual luas di masyarakat. Seringkali tindakan medi
Baca Selengkapnya
101.46066637181% Terdanai
35127857 terdanai
34622143 kekurangan
86 donatur