Mempunyai benjolan di tulang belakang yang mengeluarkan nanah, Zhalsa membutuhkan bantuanmu!

img-medikator
WeCare.id

Zhalsa

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Zhalsa, bayi yang lahir di Jawa Barat ini mempunyai benjolan di belakang badannya sejak lahir. Benjolan tersebut kadang mengeluarkan cairan dan nanah. Dokter menyatakan bahwa Zhalsa menderita ruptured myelomeningocele (mielomeningokel pecah). Mielomeningokel merupakan penonjolan selaput pelindung tulang belakang melalui cacat pada selubung tulang dari kolom vertebral. Cacat tulangnya disebut spina bifida.Spina bifida sendiri adalah cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan sumsum tulang belakang bayi. Kelainan ini dipicu oleh pembentukan sumsum tulang belakang yang tidak sempurna pada bayi selama dalam kandungan. Mielomeningokel merupakan jenis spina bifida yang paling serius, di mana kanal spinal bayi terbuka sepanjang beberapa ruas tulang belakang sehingga membentuk kantung berisi selaput dan sumsum tulang belakang yang menonjol keluar pada daerah punggung. Pada kasus yang sangat berat, kantung ini bahkan tidak memiliki kulit. Akibatnya, bayi rentan mengalami infeksi yang bisa mengancam jiwa.


Zhalsa sempat dirawat di rumah sakit karena penyakitnya tersebut. Benjolan karena mielomeningokel tersebut harus dioperasi. Sebelum dioperasi, luka dan infeksi yang timbul harus dirawat setiap hari. Zhalsa pun harus melewati pemeriksaan MRI terlebih dahulu. Namun, karena usianya yang masih dini, pemriksaan MRI harus ditunda hingga usianya cukup. 


Selama menunggu, orang tua Zhalsa rutin membawa anak semata wayangnya tersebut ke rumah sakit untuk dipantau. Ayah Zhalsa awalnya bekerja menjadi pegawai dengan penghasilan upah minimum, sedangkan ibunya tidak bekerja. Mereka kesulitan mencari biaya untuk kebutuhan merawat Zhalsa sehari-hari. Ditambah lagi, anaknya tersebut tidak bisa didaftarkan untuk ikut jaminan kesehatan karena masalah administratif. 


Mari bantu biaya perawatan Zhalsa! 


Jika mendapatkan bantuan, donasi akan digunakan untuk biaya perawatan luka pada benjolan Zhalsa, yaitu perban, krim anti gatal, dsb., serta biaya perawatannya selama di rumah sakit. 

Perkembangan

Jan. 2, 2018
Pasca Penggalangan Dana Selesai

Setelah sebagian dana terkumpul dan disalurkan, kabar duka cita datang dari orang tua Zhalsa. Anak mereka meninggal dunia hanya sehari berselang setelah pergantian tahun. Ayah dan Ibu Zhalsa sangat sedih, namun mereka sudah pasrah dan lega karena setidaknya semua usaha sudah dilakukan untuk perjuangan hidup anaknya. 

timeline
Dec. 1, 2017
Ketika Penggalangan Dana Berlangsung

Penggalangan dana dilakukan untuk biaya perawatan Zhalsa di rumah sakit dan biaya perawatan lukanya sehari-hari. Bantuan berupa obat luka, obat anti-gatal serta perban telah disalurkan ke orang tua Zhalsa.

 

timeline
Nov. 1, 2017
Latar Belakang Penggalangan Dana

Orang tua Zhalsa hampir putus asa karena anaknya sering dirawat di rumah sakit sejak lahir. Zhalsa, bayi perempuan yang lahir di Jawa Barat ini menderita myelomeningokel. Karena kondisinya tersebut, ia harus dioperasi dan luka benjolannya harus dirawat. Biaya perawatan luka Zhalsa dirasa berat bagi kedua orang tuanya yang sudah tidak punya penghasilan apa-apa lagi. Zhalsa pun tidak punya jaminan kesehatan. Biaya operasi yang akan dilakukan terhadap Zhalsa diperkirakan mencapai 100 juta rupiah. 

timeline

Diagnosa

Spina bifida adalah cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan sumsum tulang belakang bayi. Kelainan ini dipicu oleh pembentukan sumsum tulang belakang yang tidak sempurna pada bayi selama dalam kandungan.

Pada kondisi normal, embrio akan membentuk tabung saraf yang kemudian berkembang menjadi tulang belakang dan sistem saraf. Jika proses ini tidak berjalan dengan lancar, beberapa ruas tulang belakang tidak bisa menutup dengan sempurna sehingga menciptakan celah.

Struktur Tulang Belakang

Tulang belakang melindungi kanal spinal yang berisi cairan otak dan sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang berisi kumpulan serabut saraf yang menghubungkan otak dengan berbagai organ di tubuh. Di dalam kanal spinal, saraf dilapisi oleh selaput yang dinamakan meningen. Di luar dari tulang belakang, terdapat jaringan kulit.

Bila celah mencapai sebagian jaringan kulit, misalnya pada kulit di bagian punggung bawah, cairan otak yang mengelilingi sumsum tulang belakang dapat mendorongnya sehingga terbentuk kantung yang dapat terlihat di punggung bawah.

Jenis-jenis Spina Bifida

Spina bifida dapat dibagi dalam 3 kelompok, berdasakan lokasi serta ukuran celah yang terbentuk. Ketiga jenis tersebut meliputi:

  • Spina bifida okulta. Jenis ini termasuk yang paling ringan dan umum karena hanya mengakibatkan terbentuknya celah kecil di antara ruas tulang punggung. Spina bifida okulta umumnya tidak memengaruhi saraf sehingga penderitanya cenderung mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala.
  • Meningokel. Pada jenis ini, pembukaan yang terbentuk berukuran cukup besar sehingga selaput pelindung sumsum tulang belakang mencuat keluar dari beberapa celah di tulang punggung dan membentuk kantung. Meningokel merupakan jenis spina bifida yang paling jarang terjadi.
  • Mielomeningokel. Ini merupakan jenis spina bifida yang paling serius, di mana kanal spinal bayi terbuka sepanjang beberapa ruas tulang belakang sehingga membentuk kantung berisi selaput dan sumsum tulang belakang yang menonjol keluar pada daerah punggung. Pada kasus yang sangat berat, kantung ini bahkan tidak memiliki kulit. Akibatnya, bayi rentan mengalami infeksi yang bisa mengancam jiwa

Sumber: https://www.alodokter.com/spina-bifida

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Donors (loading...)

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar