Menderita Sesak Akibat Bocor Jantung, Adik Shakila Butuh Pertolonganmu!

img-medikator
Nadia Hayrany

Shakila Maulida Fajrina

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Bantu Shakila Sehat Kembali!!


Shakila Maulida Fajrina namanya, anak ke 3 saya yang jalan hidupnya begitu berat diusianya yang masih sangat kecil. Shakila mengalami jantung bocor dan hipotiroid. Sejak usia 4 bulan hingga sekarang Shakila masih terus bolak-balik masuk rumah sakit. Sempat sesak parah, demam hingga kejang dan harus dirawat di ICCU karena kondisinya sangat kritis.

Selain itu, gizi Shakila juga buruk akibat penyakit yang dialaminya. Obat-obatan harus diminum tiap hari agar kondisinya tetap stabil. Setiap hari Shakila lalui dengan penuh perjuangan. Dokter pun sudah menjadwalkan operasi jantung lanjutan jika BB Shakila sudah dalam batas normal.

Sejujurnya saya bingung masalah biaya karena pengobatan yang lalu saja belum lunas hutangnya. Mau nggak mau saya harus cari pinjaman lagi untuk memenuhi biaya pengobatan Shakila sampai selesai. Saya hanya ingin mengupayakan pengobatan terbaik untuk Shakila walaupun suami hanya seorang sales bangunan dengan gaji seadanya.

Perasaan saya dan suami sudah teramat sedih karena Tuhan memberi ujian sama keluarga saya begitu indah, saya dikarunia 3 orang anak dengan berbagai kekurangan dan kelebihan, anak ke 2 tunarungu dan ke 3 sering sakit sakitan. Rasanya seperti ke timpa beban yang sangat berat, sedih, pengen teriak, “kenapa Tuhan belum cukup ngasih ujian sama hambanya. Namun hidup ini harus terus dijalani dengan ikhlas.

Perkembangan

Diagnosa

Patent ductus arteriosus (PDA) adalah kelainan jantung bawaan yang biasanya dialami oleh bayi dengan kelahiran prematur. Kondisi ini terjadi ketikaductus arteriosustetap terbuka setelah bayi lahir. Bila dibiarkan tidak tertangani, PDA dapat memicu hipertensi pulmonal, aritmia, dan gagal jantung. Sistem pernapasan pada janin memiliki karakteristik yang berbeda. Selama di dalam rahim, janin mendapatkan oksigen dari ari-ari atau plasenta. Karena janin belum memerlukan paru-paru untuk bernapas, hanya sedikit darah saja yang dialirkan ke organ tersebut guna membantu pertumbuhan. Sedangkan sebagian besar darah akan dialihkan dari paru-paru, untuk dialirkan ke seluruh tubuh melalui ductus arteriosus.

Ductus arteriosus adalah pembuluh darah yang menghubungkan aorta (pembuluh darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh), dan arteri pulmonal (pembuluh darah yang mengalirkan darah yang miskin oksigen dari jantung ke paru-paru). Saluran ini harusnya menutup secara otomatis dalam 2-3 hari kehidupan.

Gejala PDA tergantung pada ukuran ductus arteriosus yang terbuka. PDA dengan bukaan kecil kadang tidak menimbulkan gejala apa pun, bahkan sampai dewasa. Sedangkan PDA dengan terbuka lebar dapat menyebabkan gagal jantung pada bayi, tidak lama setelah bayi lahir. Sejumlah gejala pada PDA yang terbuka besar, antara lain:
* Sesak napas
* Napas tersengal-sengal
* Jantung berdetak cepat
* Mudah lelah
* Tidak nafsu makan
* Berkeringat saat makan atau menangis
* Gangguan pertumbuhan.

ASD merupakan kondisi yang terjadi ketika adanya lubang di antara dua serambi jantung. Gambarannya, antara atrium kanan dengan kiri tidak ditutup oleh katup. Sama seperti VSD, lubang yang memisahkan atrium kiri dan kanan akan membuat darah yang kaya oksigen mengalir kembali ke paru-paru. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pembuluh darah paru-paru. Jika kebocoran jantung ASD berukuran besar dan tidak segera ditangani, aliran darah dapat merusak jantung dan paru-paru, sehingga menyebabkan gagal jantung. Penyakit jantung bawaan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangannya terhambat

Hipotiroid atau hipotiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga lansia. Akan tetapi, hipotiroid lebih banyak dialami oleh wanita berusia di atas 60 tahun.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher. Kelenjar ini berfungsi memproduksi hormon tiroid yang bermanfaat untuk mengatur metabolisme tubuh, menjaga suhu tubuh tetap hangat, serta menunjang kinerja organ-organ tubuh seperti otak, jantung, dan otot.

Namun, kelenjar tiroid terkadang bisa bermasalah sehingga tidak dapat menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang cukup bagi tubuh. Kondisi inilah yang disebut sebagai hipotiroid.

Sumber:
https://www.alodokter.com/patent-ductus-arteriosus
https://www.halodoc.com/jantung-bocor-asd-dan-vsd-pada-anak-orangtua-perlu-tahu-ini
https://www.alodokter.com/hati-hati-hipotiroid-dapat-dialami-semua-usia

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar