Mengalami penumpukan cairan di otak, Sekar membutuhkan uluran tanganmu!

img-medikator
WeCare.id

Sekar

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Sekar, balita asal Bandung, lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Ukuran kepalanya jauh lebih besar dari normal. Dokter mendiagnosis Sekar menderita hidrosefalus kongenital (bawaan). Hidrosefalus adalah penumpukan cairan pada rongga otak atau yang disebut dengan ventrikel yang mengakibatkan ventrikel-ventrikel di dalamnya membesar dan menekan organ tersebut. Cairan ini akan terus bertambah sehingga ventrikel di dalam otak membesar dan menekan struktur dan jaringan otak di sekitarnya. Jika tidak segera ditangani, tekanan ini dapat merusak jaringan dan melemahkan fungsi otak.

Tidak hanya hidrosefalus, Sekar juga menderita ulkus kornea (luka terbuka yang terbentuk pada bagian mata kornea) dan labioschisis (bibir sumbing). Kondisi Sekar yang menderita berbagai penyakit tersebut membuat orang tuanya sangat terpukul. Namun demikian, Pak Budi, sang ayah, tidak menyerah begitu saja pada kenyataan. Sambil bekerja sebagai supir ojek, Pak Budi mengantar buah hatinya berobat ke rumah sakit setiap minggu. Baru-baru ini, Sekar menjalanioperasi mata ditemani ayahnya.







Keluarga Sekar tinggal di Pangalengan, sedangkan Sekar harus berobat di rumah sakit di Kota Bandung. Jarak tersebut cukup jauh dan membutuhkan biaya transportasi yang relatif mahal bagi keluarganya. Setiap ke rumah sakit, Pak Budi harus menyewa mobil dari Pengalengan ke Bandung karena kondisi Sekar tidak memungkinkan untuk naik kendaraan umum. Saat ini, Sekar perlu ke rumah sakit 2 kali seminggu, di 2 rumah sakit berbeda, yaitu ke rumah sakit khusus mata dan rumah sakit umum pusat. Kondisi Sekar harus rutin dipantau. Sekar juga membutuhkan berbagai alat medis sehari-hari yang cukup memakan biaya, seperti kain kassa, plaster dan obat luka. Ayah Sekar hanya mempunyai penghasilan rata-rata Rp 900.000/bulan, dan itu pun tidak tentu. Kebutuhan susu Sekar menjadi beban biaya yang berat baginya. Belum lagi obat-obatan yang harus dibeli sendiri. Ditengah kondisi ekonomi keluarga dan penyakit yang diderita anaknya, orang tua Sekar berharap ada jalan keluar bagi kesehatan anaknya. 


Mari bantu Sekar agar bisa berobat ke rumah sakit!


Jika mendapatkan bantuan, dana akan digunakan untuk kebutuhan susu, alat medis seperti kain kassa, plaster dan obat luka, obat-obatan lainnya, serta biaya transportasi untuk periksa rutin ke rumah sakit selama 3 bulan. 

Perkembangan

Aug. 1, 2018
Pasca Penggalangan Dana Selesai

Penggalangan dana untuk Sekar telah selesai. Sisa donasi yang terkumpul disalurkan secara bertahap untuk kebutuhan transportasi ke rumah sakit dan susu. Kondisi Sekar masih terus dipantau dan beberapa terapi juga dilakukan tiap minggu agar Sekar dapat berkembang dengan maksimal. 

timeline
April 17, 2018
Penggalangan Dana Berlangsung

Penggalangan dana dilakukan untuk kebutuhan transportasi Sekar ke rumah sakit dan biaya pembelian susu. Selama penggalangan dana berlangsung, bantuan diberikan secara bertahap untuk kebutuhan setiap minggu. Ayah Sekar sangat bersyukur karena sekarang ada titik terang untuk anaknya berobat. Hampir setiap minggu ia membawa Sekar ke rumah sakit untuk pemeriksaan rutin atau untuk terapi.

 

timeline
March 30, 2018
Latar Belakang Penggalangan Dana

Sekar menderita hidrosefalus kongenital (bawaan). Ia juga menderita ulkus kornea (luka terbuka yang terbentuk pada bagian mata kornea) dan labioschisis (bibir sumbing). Kondisi Sekar yang menderita berbagai penyakit tersebut membuat orang tuanya sangat terpukul. Namun demikian, Pak Budi, sang ayah, tidak menyerah begitu saja pada kenyataan. Sambil bekerja sebagai supir ojek, Pak Budi mengantar buah hatinya berobat ke rumah sakit setiap minggu. Saat ini, Sekar perlu ke rumah sakit 2 kali seminggu, di 2 rumah sakit berbeda, yaitu ke rumah sakit khusus mata dan rumah sakit umum pusat. Kondisi Sekar harus rutin dipantau. Sekar juga membutuhkan berbagai alat medis sehari-hari yang cukup memakan biaya, seperti kain kassa, plaster dan obat luka.

timeline

Diagnosa

HIDROSEFALUS

Hidrosefalus adalah penumpukan cairan pada rongga otak atau yang disebut dengan ventrikel. yang mengakibatkan ventrikel-ventrikel di dalamnya membesar dan menekan organ tersebut. Cairan ini akan terus bertambah sehingga ventrikel di dalam otak membesar dan menekan struktur dan jaringan otak di sekitarnya. Jika tidak segera ditangani, tekanan ini dapat merusak jaringan dan melemahkan fungsi otak.

Hidrosefalus kongenital atau bawaan terjadi sejak bayi baru dilahirkan. Bayi yang mengalami hidrosefalus bawaan, kepalanya akan terlihat sangat besar. Ubun-ubun atau fontanel mereka akan tampak menggelembung dan menegang. Dikarenakan kulit kepala bayi masih tipis, maka penggelembungan tersebut membuat urat-urat kepala menjadi terlihat dengan jelas. Bayi-bayi dengan hidrosefalus, memiliki mata yang terlihat seperti memandang ke bawah dan otot-otot kaki terlihat kaku, serta rentan mengalami kejang. Gejala-gejala hidrosefalus bawaan lainnya adalah mudah mengantuk, mual, rewel, dan susah makan.

ULKUS KORNEA

Ulkus kornea adalah luka terbuka yang terbentuk pada kornea oleh berbagai sebab, penyebab tersering adalah infeksi. Kornea mata adalah lapisan bening yang berada di bola mata bagian depan. Sebagai jendela mata kornea memungkinkan cahaya untuk masuk ke mata.

Setiap waktu air mata membersihkan kornea terhadap bakteri, virus, dan jamur yang berpotensi bahaya. Namun fungsi ini menjadi terganggu ketika kornea mengalami erosi. Bahkan luka kecil atau erosi yang disebabkan oleh pemakaian lensa kontak yang terlalu lama dapat menyebabkan infeksi dan akhirnya terjadilah ulkus kornea.

LABIOSCHISIS

Bibir sumbing adalah salah satu jenis cacat lahir yang terjadi pada bayi, dimana terdapat celah pada bibir bayi. Dalam bahasa medis sering disebut dengan labioschisis atau cleft lip. Celah yang terdapat pada bibir ini dapat juga meluas ke daerah palatum atau langit-langit mulut dan juga dasar tulang hidung, sehingga disebut juga palatoschisis.

Sumber: 

https://www.alodokter.com/hidrosefalus

https://aladokter.com/ulkus-kornea

https://mediskus.com/penyakit/bibir-sumbing

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Donors (loading...)

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar