Menderita Kelainan pada Anus dan Alat Kelaminnnya, Alwi Butuh Pertolongan Segera!

Muhamad Alwi Sagara

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Setiap orangtua pasti ingin anaknya terlahir dengan sehat dan sempurna tanpa ada kekurangan. Namun, sebagai manusia kita hanya bisa berencana. Kenyataannya tidak semua anak lahir sesuai keinginan orangtuanya. Itulah yang terjadi pada anak seorang buruh pabrik percetakan, Alwi namanya, bocah 2 tahun yang menderita kelainan pada anus dan juga alat kelaminnya sejak lahir.

Kondisi ini membuat Alwi kesusahan saat BAB serta perutnya pun kian membesar, Alwi mengeluarkan kotorannya lewat lubang alat kelaminnya. Sehingga untuk bisa BAB, dokter melakukan operasi pembuatan lubang diperut Alwi. Diusia yang masih sangat kecil Alwi sudah menjalani 5 kali operasi. Masih ada operasi lanjutan untuk menangani kelainan pada kelaminnya.

Meskipun telah melalui berbagai jenis operasi dan pemeriksaan, Alwi tetap menunjukan senyum manisnya. Itulah yang membuat orangtuanya selalu semangat mendampingi Alwi selama pengobatan. Walaupun orangtuanya tidak punya banyak uang, ayah dan ibu Alwi ingin sekali buah hatinya segera sehat dan hidup normal seperti anak-anak seusianya. Semoga dengan bantuan #temanpeduli pengobatan Alwi dapat berjalan dengan lancar.

Perkembangan

Diagnosa

Atresia ani adalah kelainan bawaan yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Kelainan ini menyebabkan tidak sempurnanya pembentukan saluran dari rektum (tempat penyimpanan feses sementara pada usus besar) sampai ke anus.Kelainan ini sangat luas dan bervariasi, mulai dari munculnya jaringan kecil yang tidak normal hingga kondisi yang sangat kompleks.

Atresia ani biasanya sudah terlihat langsung saat bayi baru saja lahir. Gejalanya meliputi:
* Tidak ada lubang anus.
* Lubang anus di tempat yang salah, misalnya terlalu dekat dengan vagina.
* Tidak buang air besar dalam jangka waktu 24–48 jam kelahiran.
* Feses keluar dari saluran yang salah, seperti dari uretra, vagina, skrotum (kantong testis) atau dasar dari penis.
* Distensi abdomen (perut buncit dan kembung)
* Terdapat fistula atau saluran yang tidak normal seperti antara rektum dan sistem reproduksi atau sistem urinary yang merupakan tempat terjadinya penyaringan darah.

Penyakit ini biasanya berjalan bersama dengan penyakit bawaan lain, seperti kelainan pada jantung, ginjal, hingga gerak tubuh.

Kriptorkismus adalah kondisi bayi laki-laki lahir tanpa salah satu atau kedua testis (buah zakar) di kantung skrotum. Diperkirakan sekitar 1 dari 25 bayi laki-laki lahir dengan kondisi ini. Kriptorkismus lebih berisiko terjadi pada bayi yang lahir prematur.

Kriptorkismus dikenal dengan sebutan ‘undescended testis’ yang artinya testis tidak turun. Hal ini karena hampir seluruh bentuk dari kriptorkismus terjadi akibat tertunda atau terhentinya proses penurunan testis dari rongga perut ke dalam kantong buah buah zakar (skrotum).

Epispadia adalah kondisi bawaan lahir langka yang melibatkan pembukaan saluran kencing (tabung tempat keluarnya urin dari kandung kemih). Pada kondisi ini, tabung yang mengeluarkan urin dari tubuh tersebut berada di tempat yang salah. Pada bayi laki-laki, lubang terdapat pada bagian atas penis. Dalam kondisi ini, pembukaannya mungkin berada di seluruh bagian atas penis. Pada bayi perempuan, pembukaan juga bisa lebih panjang dan lebih tinggi di uretra. Mungkin terbuka tepat di sebelah kandung kemih.

Gejala kondisi pada laki-laki adalah penis pendek dan lebar dengan lengkungan yang tidak normal. Uretra paling sering terbuka di bagian atas atau samping penis, bukan di ujung. Uretra terbuka di sepanjang penis juga mungkin terjadi. Pada perempuan, kondisi ini ditandai dengan klitoris dan labia yang abnormal. Pembukaan uretra seringnya terdapat di antara kliroris dan labia, tetapi ini ada di daerah perut. Perempuan dengan kondisi ini mungkin mengalami kesulitan mengendalikan buang air kecil (inkontinensia urin).

Sumber:
https://www.alodokter.com/kriptorkismus
https://www.klikdokter.com/penyakit/atresia-ani
https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/epispadia/#gref

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Donors (loading...)

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar