Warfi menderita gizi buruk dan TB parah, bantuanmu sangat diperlukan!

WeCare.id

Warfi

Jumlah donatur 60
78.98% terdanai
Rp.4,516,000,-

Terdanai

Rp.1,202,000,-

Kekurangan

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.

Menjadi Fundraiser

"Saya bingung anak saya kenapa, jalannya kok aneh dan badannya bungkuk" Mama Warfi menceritakan awal mula anaknya sakit. Warfi (2 tahun) adalah anak yang awalnya terlihat biasa-biasa saja, namun saat diketahui jalannya tidak biasa dan badannya membungkuk, sang ibu menjadi khawatir. Setelah diperiksa, ternyata ia menderita Osteomielitis Tuberculosis.Osteomielitis Tuberkulosis adalah infeksi pada tulang belakang yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Warfi pun harus menjalankan operasi agar bisa sembuh.

"Saya sangat sedih saat anak sata divonis tumor tulang, bahkan seringkali menangis, tapi seiring dengan waktu, saya sudah ikhlas dengan keadaan anak saya, bahwa itu pemberian Tuhan", ucap Mama Warfi.

Kondisi Warfi diperparah dengan kondisi gizinya yang memprihatinkan. Ia mengalami gizi buruk marasmus yang merupakan keadaan dimana seorang anak mengalami defisiensi energi dan protein. Gizi buruk tipe marasmus adalah suatu keadaan dimana pemberian makanan tidak cukup atau higiene yang kurang baik. Perawakan Warfi juga terlihat pendek untuk anak seusianya. Dokter menyarankan agar Warfi meminum susu tinggi kalori agar kondisi gizinya membaik dan pertumbuhannya tidak terganggu.

"Operasinya pertama untuk infeksi tulang (Osteomilitis TB), bekasnya belum kering sampai sekarang, jadi saya butuh perban yg banyak untuk ganti-ganti", cerita Ibunda Warfi. Orang tua Warfi merasa berat membeli kebutuhan medis anaknya, karena penghasilan keluarga mereka yang sangat terbatas. Ayah Warfi adalah seorang buruh pabrik dan ibunya tidak bekerja. "Keadaan anak saya sekarang tidak bisa berjalan, mudah-mudahan ada rezeki juga untuk beli kursi roda", ucap Ibunda Warfi penuh harap.

"Mudah-mudahan saya Ibu yang kuat, saya juga sering dapat perkataan ngga enak, ada juga yang bilang kok bisa kuat Mama warfi", cerita Mama Warfi yang berusaha tabah.

Mari bantu pengobatan Warfi!

Perkembangan

Diagnosa

Osteomielitis adalah infeksi tulang yang disebabkan Kondisi ini jarang terjadi, namun dapat menimbulkan dampak serius. Infeksi bakteri pada tulang ini dapat menyebar dari aliran darah ke tulang.

Osteomielitis bisa dialami oleh segala usia. Pada anak, umumnya terjadi di tulang panjang, seperti tungkai atau lengan, Sedangkan pada orang dewasa, osteomielitis biasanya terjadi di tulang pinggul, kaki, atau tulang belakang.

Infeksi tulang ini dapat terjadi secara mendadak dan berkembang dalam 7-10 hari (akut) atau berkembang dalam jangka waktu lama (kronis). Jika osteomielitis tidak dapat diobati, dapat menimbulkan kerusakan permanen.

Gejala Osteomielitis

Gejala osteomielitis biasanya diawali dengan rasa nyeri pada lokasi infeksi. Gejala lainnya yang dapat menyertai, yaitu:

  • Area infeksi berwarna merah dan bengkak.
  • Area yang terinfeksi menjadi kaku atau tidak bisa digerakan.
  • Keluarnya cairan dari area infeksi.
  • Lemas.
  • Demam dan menggigil.
  • Merasa gelisah atau tidak enak badan.
  • Mual.
  • Lemas.

Osteomielitis pada anak-anak umumnya bersifat akut, dan biasanya terjadi pada lengan atau tungkai. Meski datangnya secara mendadak, namun dapat diatasi dengan pengobatan. Sedangkan pada orang dewasa, osteomielitis dapat berlangsung secara akut atau kronis. Penderita diabetes, HIV, atau penyakit pembuluh darah, cenderung mengalami infeksi tulang yang kronis. Infeksi ini pada orang dewasa biasanya terjadi pada tulang pinggul, tulang belakang, atau kaki.

Penyebab Osteomielitis Penyebab utama osteomielitis adalah bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut bisa terdapat di kulit namun tidak menimbulkan masalah kesehatan. Saat sistem imunitas tubuh sedang lemah karena suatu penyakit, maka bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi pada area luka atau bekas operasi. Contohnya, pasca operasi patah tulang atau penggantian panggul, bakteri dapat menyebabkan infeksi pada area tulang tersebut.

Masuknya bakteri Staphylococcus hingga ke tulang dapat melalui beberapa cara, yaitu: * Melalui aliran darah. Bakteri dari bagian tubuh lain dapat berjalan ke tulang melalui aliran darah. * Melalui jaringan atau sendi yang terinfeksi. Kondisi ini membuat kuman menyebar ke tulang di dekat lokasi jaringan atau sendi tersebut. * Melalui luka terbuka. Kuman dapat masuk ke dalam tubuh jika terdapat luka terbuka, seperti patah tulang dengan luka terbuka atau kontaminasi langsung yang terjadi saat bedah ortopedi, misalnya operasi penggantian sendi.

Semua orang dapat mengalami osteomielitis. Namun, terdapat faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena infeksi tulang ini, yaitu: * Memiliki penyakit, seperti diabetes, anemia sel sabit, HIV/AIDS, rheumatoid arthritis. * Menjalani hemodialisa atau cuci darah. * Pernah menderita osteomielitis sebelumnya. * Mengonsumsi kotikosteroid dalam waktu yang lama. * Kecanduan alkohol. * Baru mengalami cedera dan luka, termasuk patah tulang, seperti pen untuk patah tulang. * Pasca operasi tulang.

Rincian Dana

Dana operasional Wecare.Id
Rp.476,500,-
Iuran BPJS
Rp.1,025,000,-
Transportasi & Akomodasi
Rp.540,000,-
Susu
Rp.720,000,-
Alat medis
Rp.2,480,000,-
Biaya Marketing Campaign
Rp.476,500,-

Total
Rp.5,718,000,-


Disbursement


Total disbursement dana untuk pasien
Rp.181,000,-


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
01 August 2019
Bantuan transport Warfi ke-1
Rp.181,000,-
Load More

Fundraisers (0)

Belum ada Fundraiser

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.


Menjadi Fundraiser

Hit Enter to search. Hit Esc to exit