Mengalami kelainan saraf tulang belakang sejak lahir dan gagal ginjal kronis, Selma membutuhkan uluran tanganmu!

WeCare.id

Selma

Jumlah donatur 6
17.58% terdanai
Rp.1,340,000,-

Terdanai

Rp.6,283,000,-

Kekurangan

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.

Menjadi Fundraiser

Selma, gadis 13 tahun ini adalah anak yang pintar dan ceria, tetapi ternyata ia menderita penyakit spina bifida yang semakin lama semakin parah. Spina bifida adalah cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah atau defek pada tulang dan saraf tulang belakang hingga ada benjolan sangat besar di dekat tulang ekornya. Belum usai derita penyakit pada tulang belakangnya, Selma juga mengalami gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Dalam kondisi gagal ginjal kronis, cairan dan elektrolit, serta limbah dapat menumpuk dalam tubuh. Gejala dapat terasa lebih jelas saat fungsi ginjal sudah semakin menurun. Pada tahap akhir GGK, kondisi penderita dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan terapi pengganti ginjal, salah satunya cuci darah.

"Selma kurus sekali, beratnya pernah 19 kg saja, saya sedih sekali melihatnya. Kaki Selma bengkok hingga tidak bisa lagi pakai sepatu, ngilu ketika penapak di tanah, maka harus menopang hanya pada satu kaki ketika berjalan. Selma jadi mudah lelah ketika berjalan dan berhenti sekolah karena kondisi tidak memungkinkan. Ginjal Selma mengalami gangguan, makan harus minum teratur dan buang air dengan kateter urin. Semua harus steril, sedangkan rumah kami sering terkena banjir", cerita Ibunda Selma. “Rumah kami gelap, beratap bolong, kadang tergenang banjir, kadang air hujan menetes lewat celah-celah bangunan," lanjutnya.

Saat ini, Selma membutuhkan biaya untuk membeli beberapa obat-obatan yang tidak masuk dalam formularium nasional, serta alat medis untuk menunjang aktivitasnya. Ia juga butuh nutrisi tambahan khusus untuk pasien gagal ginjal karena berat badannya yang sangat kurus. Biayanya jutaan rupiah, angka yang tidak sedikit untuk orang tua Selma.

"Saya salut dengan semangat Selma, iya kekeuh untuk kejar paket ujian nasional agar tetap sekolah. Selma belajar di rumah dengan giat dan beruntungnya, kami punya banyak tetangga yang suportif. Tetangga kami sering membantu Selma belajar dan memberi semangat untuk kami. Ayah Selma adalah seorang buruh serabutan dan kami sangat butuh biaya untuk pengobatan Selma. Kami yakin masih banyak orang yang tulus dan senang berbagi di luar sana.”- Mama Selma

Mari dukung perjuangan Selma!

Perkembangan

Diagnosa

PENYAKIT GINJAL KRONIS

Penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Ginjal berfungsi menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Setiap hari, kedua ginjal menyaring sekitar 120-150 liter darah, dan menghasilkan sekitar 1-2 liter urine.

Di dalam setiap ginjal, terdapat unit penyaring atau nefron yang terdiri dari glomerulus dan tubulus. Glomerulus menyaring cairan dan limbah untuk dikeluarkan, serta mencegah keluarnya sel darah dan molekul besar yang berbentuk protein.

Selanjutnya, saat darah melewati unit penyaring tubulus, mineral yang dibutuhkan tubuh disaring kembali sedangkan sisanya dibuang sebagai limbah.

Selain menyaring limbah dan kelebihan cairan, fungsi ginjal lain yang penting dalam tubuh, di antaranya: * Menghasilkan enzim renin yang menjaga tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh tetap normal. * Membuat hormon eritropoietin yang merangsang sumsum tulang memproduksi sel darah merah. * Memproduksi vitamin Ddalam bentuk aktif yang menjaga kesehatan tulang.

Dalam kondisi gagal ginjal kronis, cairan dan elektrolit, serta limbah dapat menumpuk dalam tubuh. Gejala dapat terasa lebih jelas saat fungsi ginjal sudah semakin menurun. Pada tahap akhir GGK, kondisi penderita dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan terapi pengganti ginjal, salah satunya cuci darah.

Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal Kronis

  • Gejala gagal ginjal kronis seringkali muncul ketika sudah masuk tahap lanjut. Gejala tersebut meliputi:
  • Kemunculan darah dalam urine.
  • Pembengkakan pada tungkai.
  • Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali.

Gagal ginjal kronis disebabkan oleh kerusakan fungsi ginjal, akibat penyakit yang terjadi dalam jangka panjang. Penyakit tersebut bisa diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit asam urat.

Sumber: https://www.alodokter.com/gagal-ginjal-kronis

Rincian Dana

Dana operasional Wecare.Id
Rp.693,000,-
Alat medis
Rp.800,000,-
Transportasi
Rp.40,000,-
Nutrisi
Rp.5,400,000,-
Obat-obatan
Rp.690,000,-

Total
Rp.7,623,000,-


Disbursement


Total disbursement dana untuk pasien
Rp.0,-


Belum ada riwayat disbursement.



Para Donatur (6)

Fundraisers (0)

Belum ada Fundraiser

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.


Menjadi Fundraiser

Hit Enter to search. Hit Esc to exit