Kejang demam tak kunjung usai, Mahbub membutuhkan uluran tanganmu!

Medikator WeCare.id

M. Mahbub

Jumlah donatur 13
6.75% terdanai
Rp.1,872,000,-

Terdanai

Rp.25,848,000,-

Kekurangan

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.

Menjadi Fundraiser

"Apa yang sebenarnya terjadi pada anakku?" Ibunda Mahbub membatin. Sejak usia 1 tahun 4 bulan, anaknya mengalami demam berulang yang semakin sering. Demam tersebut terjadi selama 5-6 hari dengan suhu puncak 39-40 derajat Celcius. Saat demam, terdapat beberapa kali episode kejang yang dialami Mahbub. Enam bulan bulan terakhir, demamnya semakin sering berulang, selalu ada episode demam setiap bulan. Sudah 2 bulan terakhir ini terdapat lika yang muncul di permukaan mulut Mahbub dan semakin lama semakin membesar. Kemudian, setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium dan didapatkan bahwa adanya penurunan leukosit (neutropenia) dan penurunan kadar antibodi (IgG, IgA dan IgE) pada Mahbub. Balita berusia 3 tahun ini didiagnosis dengan penyakit imunodefisiensi primer. Pada penyakit imunodefisiensi primer (PIP) atau primary immunodeficiency disorder (PID), gangguan sistem imunitas terjadi akibat kelainan genetik. Dokter mengatakan bahwa pengobatan utamanya adalah transplantasi sumsum tulang, namun saat ini belum dapat dilakukan di Indonesia, sehingga pasien harus mendapat immunoglobulin intravena dan faktor perangsang pertumbuhan neutrofil berkala seumur hidup.

Kondisi yang dialami Mahbub disebut sindrom hiper-IgM dan ia membutuhkan immunoglobulin intravena (IVIg) secara berkala. Harga IVIg tersebut mencapai 2 jutaan rupiah per vial. Mahbub membutuhkan 2 vial setiap kali pemberian dan harus diberikan setiap 28 hari, selama belum melakukan transplantasi sumsum tulang. Ayah dan Ibu Mahbub cukup terpukul dengan kenyataan yang dialami anak mereka. Obat IVIg tidak termasuk dalam formularium nasional sehingga mereka harus merogoh kocek sendiri untuk bisa membiayai pengobatan Mahbub.

Ayah dan Ibu Mahbub berprofesi sebagai guru, ayahnya guru SMP dan ibunya guru SD. Penghasilan mereka memang cukup untuk sehari-hari, namun biaya pengobatan Mahbub terlampau mahal. Ditambah lagi, sang ibu kini tengah mengandung anak kedua yang akan membutuhkan biaya juga. Mereka tidak ingin menyusahkan orang lain, namun kali ini sudah tidak ada daya dan upaya.

Mari bantu pengobatan Mahbub!

Perkembangan

Diagnosa

Imunodefisiensi adalah istilah umum yang merujuk pada suatu kondisi di mana kemampuan sistem imun untuk melawan penyakit dan infeksi mengalami gangguan atau melemah. Oleh karena itu, pasien imunodefisiensi akan rawan terkena berbagai infeksi atau timbulnya sel tubuh yang ganas.

Secara umum, sindrom imunodefisiensi dapat dikategorikan berdasarkan komponen dari sistem imun yang mengalami gangguan. Kelainan pada sel B akan menyebabkan kegagalan imunitas humoral. Jenis imunodefisiensi ini akan menyebabkan hypogammaglobulinemia (berkurangnya jumlah antibodi) atau agammaglobulinemia (tidak adanya antibodi). Sementara itu, kelainan pada sel T akan menyebabkan kegagalan imunitas yang dimediasi oleh sel, yang akan menyebabkan pasien rentan terhadap infeksi virus. Jenis imunodefisiensi ini biasanya dikaitkan dengan sindrom imunodefisiensi sekunder. Imunodefisiensi kombinasi parah (severe combined immunodeficiency/SCID) adalah jenis imunodefisiensi yang paling parah dan fatal. Pada kasus SCID, sel B dan sel T tidak dapat berfungsi dengan normal, sehingga pasien akan rentan terhadap segala jenis infeksi. Walaupun lebih jarang terjadi, namun komponen lain dari sistem imun, seperti granulosit dan sistem komplemen tubuh, juga dapat mengalami gangguan akibat sindrom imunodefisiensi.

Ada berbagai jenis penyakit imunodefisiensi, mulai dari kondisi yang ringan dan menyebabkan penyakit ringan yang berulang sampai penyakit yang parah dan membahayakan nyawa

Sumber:

https://www.docdoc.com/id/info/condition/penurunan-kekebalan-tubuh

Rincian Dana

Obat-obatan
Rp.25,200,000,-
Biaya Marketing Campaign
Rp.2,520,000,-

Total
Rp.27,720,000,-


Disbursement


Total disbursement dana untuk pasien
Rp.16,872,000,-


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
29 April 2019
Bantuan IVIg Mahbub ke-1
Rp.4,218,000,-
29 April 2019
Bantuan IVIg Mahbub ke-1
Rp.4,218,000,-
29 April 2019
Bantuan IVIg Mahbub ke-1
Rp.4,218,000,-
29 April 2019
Bantuan IVIg Mahbub ke-1
Rp.4,218,000,-
Load More

Para Donatur (13)

Fundraisers (0)

Belum ada Fundraiser

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.


Menjadi Fundraiser

Hit Enter to search. Hit Esc to exit