Bocah asal Cianjur ini menderita kelainan darah, bantuanmu sangat diharapkan!

haris

Jumlah donatur 14
39.04% terdanai
Rp.1,288,156,-

Terdanai

Rp.2,011,844,-

Kekurangan

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.

Menjadi Fundraiser

Di usianya yang baru 11 tahun, Haris tidak mempunyai keinginan yang muluk-muluk. Ia cuma ingin bisa bermain bola dengan riang bersama teman-temannya. Namun apa daya, bocah asal Cianjur ini mengalami pembesaran perut yang disertai nyeri sejak 6 bulan terakhir. Wajahnya terlihat pucat dan lemas. Awalnya, orang tua Haris tidak menyadari pucat di wajah anaknya dikarenakan penyakit. Ternyata, Haris diketahui menderita thalasemia. 


Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal.Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh. Penderita thalasemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah, oleh karena itu tingkat oksigen dalam tubuh penderita thalasemia juga lebih rendah. Beberapa contoh gejala thalasemia adalah berat badan yang rendah, sesak napas, mudah lelah, dan sakit kuning.


Kondisi penyakit Haris membutuhkan perawatan yang panjang karena disebabkan oleh faktor genetik. Setiap kali berobat ke rumah sakit, ia memerlukan waktu 2 jam dengan motor untuk ke puskesmas terdekat dan lebih dari 4 jam untuk ke rumah sakit rujukan. Perjalanan tersebut cukup panjang dan melelahkan, serta memakan biaya yang cukup membebani ayah Haris yang merupakan seorang petani dengan penghasilan dibawah rata-rata. Saat ini, Haris membutuhkan biaya untuk pemeriksaan laboratorium, serta transportasi dan akomodasi untuk berobat ke rumah sakit. Ibunya yang sehari-hari mengurus rumah tangga berharap ada jalan agar Haris bisa berobat dengan lancar. 


Mari bantu ringankan beban Haris!

Perkembangan

Diagnosa

Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal.

Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh. Penderita thalasemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah, oleh karena itu tingkat oksigen dalam tubuh penderita thalasemia juga lebih rendah.


Terdapat 2 jenis thalasemia yang terjadi, yaitu alfa dan beta, dimana kedua jenis ini memiliki kaitan gen yang menentukan kadar keparahan dari penyakit yang diturunkan ini. Thalasemia beta merupakan jenis yang lebih sering terjadi.

Thalasemia terkadang dapat mengganggu aktivitas yang dijalani penderita dikarenakan kadar oksigen yang lemah dalam tubuh. Beberapa hal yang dapat dialami penderita adalah letih, mudah mengantuk, pingsan, hingga kesulitan bernapas. Selain itu, thalasemia yang tidak ditangani dengan tepat juga dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal jantung, pertumbuhan yang terhambat, kerusakan pada organ tubuh, gangguan hati, hingga kematian.

Gejala Thalasemia
Gejala thalasemia yang dialami oleh setiap orang itu berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan dan tipe thalasemia yang diderita. Untuk bekerja dengan normal, hemoglobin memerlukan 2 protein alfa dan 2 protein beta. Kelainan pada protein alfa disebut dengan thalasemia alfa, dan kelainan pada protein beta disebut thalasemia beta.

Jika terjadi banyak mutasi pada material genetika yang membuat hemoglobin, maka thalasemia yang diderita akan parah. Namun jika mutasi yang terjadi sedikit atau terbatas, maka gejala bisa lebih ringan. Untuk kasus yang parah, transfusi darah akan sering dibutuhkan.

Beberapa contoh gejala thalasemia adalah berat badan yang rendah, sesak napas, mudah lelah, dan sakit kuning.

Penyebab Thalasemia
Mutasi pada DNA yang memproduksi hemoglobin pembawa oksigen ke seluruh tubuh merupakan penyebab seseorang menderita thalasemia. Belum diketahui secara pasti kenapa mutasi tersebut bisa terjadi.

Sumber: https://www.alodokter.com/thalassemia.html

Rincian Dana

penginapan/rumah singgah
Rp.250,000,-
Transportasi dari rumah ke RS rujukan yang memerlukan waktu sekitar 5 jam.
Rp.750,000,-
Cek DPL, analisis Hb, feritin, saturasi transferin, SI, TIBC
Rp.2,000,000,-
Biaya Operasional WeCare.is (10%)
Rp.300,000,-

Total
Rp.3,300,000,-


Disbursement


Total disbursement dana untuk pasien
Rp.0,-


Belum ada riwayat disbursement.



Para Donatur (14)

Fundraisers (0)

Belum ada Fundraiser

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.


Menjadi Fundraiser

Hit Enter to search. Hit Esc to exit