Mengalami pembengkakan pembuluh darah hingga muntah, Assyfa membutuhkan pertolonganmu!

Medikator WeCare.id

Assyfa A

Jumlah donatur 22
29.07% terdanai
Rp.1,781,000,-

Terdanai

Rp.4,345,400,-

Kekurangan

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.

Menjadi Fundraiser

"Apakah aku bisa sembuh ma?"

Isak tangis Assyfa sudah tidak bisa terbendung lagi. Dara berusia 11 tahun ini mengalami muntah darah dan nyeri perut yang hebat. Kadang ia tak kuasa menahan sakitnya hingga ia mengadu pada sang ibu. Assyfa mengalami pembengkakkan pada pembuluh darah pada esofagusnya, ataus yang disebut dengan varises esofagus. Varises esofagus terjadi saat aliran darah normal menuju hati tersumbat oleh penggumpalan atau jaringan luka pada hati. Assyfa memang mengalami sirosis hati.

Sirosis adalah kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang (kronis). Penyakit ini berkembang secara perlahan dan mengakibatkan jaringan yang sehat digantikan oleh jaringan parut. Jaringan parut akan menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu atau bahkan terhenti. Oleh karenanya, gadis yang malang ini perlu berobat di rumah sakit yang dapat menanganinya dengan baik agar nyawanya terselamatkan.

Assyfa dan keluarganya tinggal di Boyolali, sedangkan mereka harus berobat ke rumah sakit di Solo. Biaya transportasi menuju rumah sakit menjadi beban yang cukup berat bagi orang tua Assyfa. Sang Ayah adalah seorang pedagang sate kambing di pinggir jalan yang penghasilannya hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Selain biaya transport, anak yang masih duduk di bangku SD ini juga membutuhkan vitamin dan susu untuk menunjang kesehatannya.

Mari bantu Assyfa untuk sembuh!

Perkembangan

Diagnosa

VARISES ESOFAGUS

Varises esofagus adalah pembengkakan pembuluh darah yang abnormal pada esofagus – tabung yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung. Kondisi ini paling umum terjadi pada orang dengan penyakit hati. Varises esofagus terjadi saat aliran darah normal menuju hati tersumbat oleh penggumpalan atau jaringan luka pada hati.

Untuk menghindari penyumbatan, darah mengalir melalui pembuluh darah yang lebih kecil yang tidak ditujukan untuk mengalirkan volume darah yang besar. Pembuluh darah dapat bocor atau pecah, menyebabkan perdarahan yang mengancam nyawa. Begitu Anda mengalami perdarahan, risiko perdarahan lainnya meningkat drastis. Jika Anda kehilangan cukup banyak darah, Anda dapat mengalami shock yang dapat menyebabkan kematian.

Beberapa obat dan prosedur medis dapat membantu mencegah dan menghentikan perdarahan dari varises esofagus.

Seberapa umumkah varises esofagus? Kondisi ini sangat umum dan dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Varises esofagus dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala Apa saja tanda-tanda dan gejala varises esofagus? Varises esofagus biasanya tidak menyebabkan tanda-tanda dan gejala kecuali terjadi perdarahan.

Tanda-tanda dan gejala dari perdarahan varises esofagus meliputi:

  • Muntah dan jumlah darah yang signifikan pada muntahan
  • Feses berwarna gelap dan berdarah
  • Pusing
  • Kehilangan kesadaran (pada kasus yang parah)
  • Gejala dari penyakit hati kronis seperti menguningnya kulit dan mata, mudah berdarah atau memar, penumpukkan cairan pada perut (ascites)

SIROSIS HATI

Sirosis adalah kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang (kronis). Penyakit ini berkembang secara perlahan dan mengakibatkan jaringan yang sehat digantikan oleh jaringan parut. Jaringan parut akan menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu atau bahkan terhenti.

Kerusakan pada hati yang disebabkan oleh sirosis tidak bisa diperbaiki dan bahkan bisa menyebar lebih luas dan menyebabkan hati tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi inilah yang sering disebut dengan istilah gagal hati. Sebelum sirosis menyebabkan gagal hati, perkembangannya berlangsung selama bertahun-tahun. Umumnya, penanganan dilakukan hanya untuk memperlambat perkembangan penyakitnya.

Hati adalah organ padat paling besar yang berada di dalam tubuh manusia. Hati memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh, berikut ini beberapa fungsi hati di dalam tubuh.

  • Menyimpan nutrisi berlebih dan mengembalikan sebagian nutrisi ke dalam aliran darah.
  • Memproduksi protein dalam darah untuk membantu penggumpalan, pengiriman oksigen, dan fungsi kekebalan tubuh.
  • Membantu menyimpan gula dalam bentuk glikogen.
  • Menyingkirkan unsur berbahaya dalam aliran darah, termasuk di antaranya minuman keras dan obat-obatan.
  • Menghancurkan lemak jenuh dan menghasilkan kolesterol.
  • Memproduksi cairan empedu, yaitu unsur yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Pada dasarnya, hati adalah organ yang sangat tangguh karena dapat terus bekerja meski dalam keadaan rusak. Hati akan berusaha memperbaiki dirinya sendiri hingga organ ini benar-benar rusak dan tidak bisa berfungsi lagi.

Gejala Sirosis Sirosis pada tahap awal hanya memunculkan sedikit gejala, tapi ketika fungsi hati sudah berkurang secara signifikan akan muncul gejala-gejala seperti:

  • Kehilangan selera makan.
  • Keletihan, kekurangan energi, dan mudah mengantuk.
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut atau edema.
  • Penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba.
  • Demam dan menggigil.
  • Sesak napas.
  • Kulit dan putih mata berwarna kuning atau sakit kuning (jaundice).
  • Mual dan muntah.
  • Muntah darah.
  • Perubahan warna pada urine dan tinja (kadang disertai darah).
  • Kulit mengalami gatal-gatal.

Sumber: 1. https://hellosehat.com/penyakit/varises-esofagus/ 2. https://www.alodokter.com/sirosis

Rincian Dana

Nutrisi
Rp.1,465,000,-
Biaya transportasi
Rp.2,100,000,-
BPJS
Rp.313,500,-
Obat-obatan
Rp.1,691,000,-
Biaya Marketing Campaign
Rp.556,900,-

Total
Rp.6,126,400,-


Disbursement


Total disbursement dana untuk pasien
Rp.1,256,555,-


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
06 May 2019
Bantuan iuran BPJS Assyfa Alkhalifi
Rp.105,167,-
08 May 2019
Bantuan obat Assyfa ke-2
Rp.351,388,-
12 May 2019
Bantuan transport Assyfa A ke-3
Rp.800,000,-
Load More

Para Donatur (22)

Fundraisers (2)

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.


Menjadi Fundraiser

Hit Enter to search. Hit Esc to exit