Anak penderita Leukemia ini sangat memprihatinkan, bantuanmu sangat diharapkan!

WeCare.id

Arkhan R

Jumlah donatur 18
5.20% terdanai
Rp.2,270,500,-

Terdanai

Rp.41,355,500,-

Kekurangan

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.

Menjadi Fundraiser

“Asin? Manis? Gurih? Apa itu. Aku sudah lupa cita rasa dunia yang dulu aku nikmati, makan yang ku makan setiap hari kini selalu hambar karena penyakit ya ku derita. Pernah aku bertanya pada ibu, Bu aku ini sebenarnya sakit apa? kenapa pengobatannya tidak ada akhirnya?" - Arkhan (6 tahun)

Arkhan adalah penderita Leukimia, penyakit yang menyerang sel darah putih sehingga membuatnya lemah, rentan terkena penyakit, dan harus memakai masker kapan pun dimana pun. Setiap hari ibunya menumpang ke kantin dekat kontrakkan tempat kita tinggal untuk memasak masakan tanpa garam, gula, ataupun perasa karena asupan garam dan gula harus dibatasi pada penderita kanker.

"Awalnya semua biasa saja, anak saya tak pernah sakit parah, hanya pernah pilek dan flu. Saya dan suami sangat kaget ketika Arkhan mendadak lemas, pingsan, dan akhirnya sering transfusi darah tepat pada awal-awal aku masuk SD. Arkhan sering drop dan tidak masuk sekolah, bahkan berat badannya pernah 14 kg, sekarang kami tinggal di Jakarta karena dirujuk ke RS pusat." -Ibu Arkhan

Saat ini Arkhan membutuhkan biaya untuk pengobatan, biaya transport, susu dan iuran BPJS. Arkhan dan keluarga sangat terbebani dengan biaya transport ke rumah sakit karena mereka harus membeli tiket pesawat dari Jambi ke Jakarta untuk bisa berobat. Ayahnya adalah pegawai honorer di daerah dan ibunya sehari-hari mengurus rumah tangga.

"Jujur, aku sering kesakitan ketika harus kemoterapi, tapi aku terus berharap bahwa ini akan membuatku lebih baik. Dokter bahkan sudah menjadwalkan kemoterapiku hingga 2021, aku yakin aku pasti kuat apalagi ibu dan ayah selalu mendukung sepenuh hati. Namun, aku paling sedih ketika melihat ibu dan ayah bekerja keras mencari biaya pengobatan yang sangat banyak. Semoga ada jalan untuk kami agar aku bisa terus menjalani pengobatan”.- Arkhan

Ayo bantu Adik Arkhan berjuang melawan penyakitnya!

Perkembangan

Diagnosa

Kanker darah atau leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel darah yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Sel darah putih ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang.

Pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Namun lain halnya dengan pengidap kanker darah. Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.

Selain menumpuk, sel abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang.

Jenis-jenis Kanker Darah

Ada berbagai jenis kanker darah. Berdasarkan kecepatan perkembangannya, kanker ini dapat dikelompokkan menjadi akut dan kronis. * Kanker darah akut berkembang dengan cepat akibat penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal atau sel yang belum matang sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. Pertumbuhan ini sangat pesat begitu pun penyebarannya ke dalam aliran darah. Jenis ini harus ditangani dengan segera. Jika dibiarkan, tubuh akan kekurangan oksigen dan kekebalan tubuh terhadap penyakit atau infeksi menurun.

  • Sementara itu, kanker darah kronis berkembang secara perlahan-lahan dan dalam jangka panjang. Sel-sel darah putih yang seharusnya sudah mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, serta organ-organ lain yang terkait. Sel-sel ini lebih matang sehingga dapat berfungsi dengan baik untuk beberapa saat, Oleh karena itu, gejalanya cenderung tidak segera dirasakan sehingga baru terdiagnosis setelah bertahun-tahun.

Kanker darah juga dapat dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Kanker darah yang menyerang sel-sel limfa dikenal dengan istilah leukemia limfotik dan yang menyerang sel-sel mieloid disebut leukemia mielogen.

Berdasarkan dua pengelompokan di atas, terdapat empat jenis kanker darah yang paling sering terjadi. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing jenis. - Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL) ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi serius. Kanker darah ini umumnya diidap oleh anak-anak, tapi bisa juga menyerang dewasa.

  • Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML) Ini adalah jenis kanker darah yang umumnya menyerang dewasa. Tetapi AML juga dapat diidap oleh anak-anak serta remaja. Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

  • Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL) Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama.

-Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML) Jenis kanker darah ini kebanyakan diderita oleh orang-orang dengan usia di atas 20 tahun. CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Ketika memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga akan menurun secara drastis.

Secara umum, kanker darah atau leukemia menyangkut sumsum tulang yang menjadi tempat pembuatan sel darah putih. Sel yang umumnya efektif membasmi infeksi ini tumbuh secara tidak normal sehingga akhirnya membuat kekebalan tubuh tidak berfungsi secara maksimal.

Gejala-gejala Kanker Darah Gejala kanker darah sangat beragam. Tiap penderita biasanya mengalami indikasi yang berbeda-beda, tergantung kepada jenis kanker darah yang diidap.

Indikasi-indikasi kanker ini juga cenderung sulit dikenali karena cenderung mirip dengan kondisi lain, seperti flu. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejala umum yang tidak kian membaik atau mereda, seperti:

  • Lemas atau kelelahan yang berkelanjutan.
  • Demam.
  • Menggigil.
  • Sakit kepala.
  • Muntah-muntah.
  • Keringat berlebihan, terutama pada malam hari.
  • Nyeri pada tulang atau sendi.
  • Penurunan berat badan.
  • Pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa.
  • Muncul infeksi yang parah atau sering terjadi.
  • Mudah mengalami pendarahan (misalnya sering mimisan) atau memar.
  • Muncul bintik-bintik merah pada pada kulit.

Sumber: https://www.alodokter.com/kanker-darah

Rincian Dana

Biaya Marketing Campaign
Rp.3,966,000,-
Transportasi & Akomodasi
Rp.5,400,000,-
Susu
Rp.2,400,000,-
Iuran BPJS
Rp.3,060,000,-
Obat-obatan
Rp.28,800,000,-

Total
Rp.43,626,000,-


Disbursement


Total disbursement dana untuk pasien
Rp.0,-


Belum ada riwayat disbursement.



Para Donatur (18)

Fundraisers (0)

Belum ada Fundraiser

Bantu campaign ini dengan menjadi fundraiser. Dana yang kamu kumpulkan akan disalurkan langsung untuk pasien ini.


Menjadi Fundraiser

Hit Enter to search. Hit Esc to exit