Adelio

14300000

funded

0

to go

37

donors

100% funded
Fully funded

Menderita kelainan kongenital laring dan kurang gizi, Adelio sangat membutuhkan bantuanmu!

Adelio - menderita Laryngomalacia and Malnutrition

Menderita kelainan kongenital laring dan kurang gizi, Adelio sangat membutuhkan bantuanmu! Keadaan yang sangat sulit menimpa Adelio yang baru berusia satu tahun. Sejak lahir ia sudah mengalami laringomalasia, sebuah kelainan bawaan dimana laring (pita suara) mengalami kelemahan. Berbagai pemeriksaan telah dijalani Adelio, seperti pemeriksaan MRI, USG kepala, endoskopi menelan, endoskopi laring faring, dan echocardiography. Hal tersebut bukan sesuatu yang nyaman dirasakan oleh seorang bayi. Selain laringomalacia, dokter juga mendiagnosis Adelio dengan sindrom Poland, sindaktili, kelumpuhan saraf tujuh, dan keterlambatan perkembangan motorik. 

Laringomalacia yang dialami Adelio menyebabkan gangguan penutupan tenggorokan saat makan, yang pada akhirnya menyebabkan masuknya cairan atau makanan ke jalan napas. Gangguan makan dan infeksi paru berulang merupakan masalah yang umum ditemui pada pasien laringomalacia. Akibat keadaannya ini, Adelio mengalami kesulitan kenaikan berat badan dan pada akhirnya mengalami gizi buruk. Adelio harus mendapatkan asupan susu khusus berkalori tinggi melalui selang makan (NGT). Pemberian susu melalui NGT ini diperlukan dalam jangka panjang sampai status gizinya membaik. Selain itu, Adelio memerlukan pemeriksaan kromosom untuk menentukan diagnosis pasti sindrom yang dialaminya sehingga dokter dapat menentukan tatalaksana yang sesuai. Penghasilan ayah yang pas-pas-an hanya bisa untuk biaya sehari-hari dan tidak cukup untuk biaya penunjang kesehatan Adelio. Ditambah lagi, Adelio belum mempunyai stroller, padahal ia belum bisa berjalan dan harus melakukan pemeriksaan rutin ke Rumah Sakit yang banyak mobilisasinya.


Mari kita bantu Adelio agar gizinya membaik dan dapat melakukan pemeriksaan kesehatannya!

Jika pasien ini mendapat dana.. 

Pasien bisa melakukan pemeriksaan kromosom, mendapatkan stroller untuk menunjang aktivitasnya pergi rutin ke rumah sakit, NGT silicon untuk membantunya makan selama setahun dan kebutuhan susu selam tiga bulan. 


Rencana penggunaan dana: 

Pemeriksaan kromosom: Rp 2.500.000

NGT silicon 10 pcs (1 tahun) x Rp 200.000: Rp 2.000.000

Pediasure 10 kaleng/bulan x Rp 250.000 x 3 bulan: Rp 7.500.000

Stroller untuk kontrol: Rp 1.000.000

WeCare (10%): Rp 1.300.000

Total: Rp 14.300.000

Cost breakdown information of this patient is not available yet.

Read more about WeCare.id Operational Fund

Laringomalacia adalah suatu kelainan bawaan di daerah laring yaitu saluran napas di bawah tenggorokan. Penyakit yang sering ditemukan pada anak di bawah usia 2 tahun ini diduga terjadi karena terlambatnya kematangan struktur tulang rawan penunjang di saluran napas. Tulang rawan ini terkadang dapat menutupi laring pada saat bayi menarik napas, sehingga terjadi turbulensi aliran udara yang menyebabkan terdengarnya suara berat (stridor). Gejala stridor sendiri timbul pada usia 1-2 minggu, tampak jelas pada usia 4-8 minggu dan menghilang spontan pada usia 12-18 bulan. Stridor akan semakin keras bila bayi gelisah, menangis, tidur tengkurap dan selama atau sesudah minum.


Laringomalacia ini dapat bersifat ringan yang tidak mengganggu proses tumbuh kembang anak. Namun, dalam kondisi tertentu, penyakit ini dapat disertai komplikasi lain seperti sulit minum, muntah, tersedak, sesak napas dan gagal tumbuh. Bila terdapat komplikasi, perlu tata laksana oleh dokter anak dan intervensi khusus oleh dokter ahli telinga, hidung, tenggorok (THT).  


Sumber:


https://www.ayahbunda.co.id/bayi-tanya-jawab/kelainan-saluran-napas-laringomalasia

Want to know more about this diagnosis? Ask WeCare.id Medical Team

Proposed By

-

-

Hospitalized at

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo
Jl. Diponegoro No. 71, Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Share informations about Adelio in social media

WeCare.id Share on Facebook

Search for other patients

Azzam Rizaldy (5 )

DKI Jakarta

Cerebral palsy

Azzam, anak dari seorang buruh harian ini belum dapat duduk mandiri di usianya yang sudah 5 tahun. Saat umur 1 tahun, orang tua Azzam merasa perkembangan anaknya tidak sesuai umur (belum bisa apa-apa). Kemudian sang Ibu memeriksakan Azzam ke puskesmas dan dirujuk ke RSUD,  lalu dirujuk lagi ke R
Read More
0% funded
0 funded
9398400 to go
0 donors

Alisya (2 )

DKI Jakarta

Maple Syrup Urine Disease

Saat buah hati lahir adalah saat yang paling ditunggu dan penuh kebahagiaan. Namun saat momen bahagia itu, orang tua dari Alisya diliputi rasa sedih karena Alisya dan saudara kembarnya mengalami koma. Bayi kembar ini dirawat di unit intensif neonatal hingga tiga bulan lamanya. Alisya bebe
Read More
79.779510621135% funded
14835000 funded
18595000 to go
68 donors

Bayi Ny. Nia (0 )

Jawa Barat

Respiratory Distress Syndrome

Lahir dengan sempurna adalah keinginan setiap orang tua bagi anaknya. Namun kisah sedih dialami bayi mungil yang dikandung Ibu Nia. Ia terpaksa harus lahir prematur karena sang Ibu Nia mengalami pre-eklamsia berat. Pre-eklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan
Read More
131.07735781526% funded
20985000 funded
16009630 to go
55 donors