Yuk Bantu Pak Pandi agar Sembuh dan Kembali Bekerja

Pandi

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Rezeki, cobaan, lika-liku kehidupan hanya Tuhan yang tahu. Hari itu semua berjalan seperti biasa saja, hingga saya, Pandi (40 tahun), mengalami kecelakaan yang menyebabkan kelumpuhan pada kedua kaki saya. Akibat kecelakaan itu, saya pun mengalami kesulitan saat berkemih dan buang air besar. Kata dokter saya mengalami cedera saraf tulang belakang (spinal cord injury).

Sehari-hari saya bekerja sebagai buruh angkut untuk menghidupi istri dan dua anak yang masih sekolah. Upah harian yang didapatkan hanya cukup untuk biaya makan sehari-hari. Sedangkan dokter bilang saya memerlukan alat bantu jalan dan brace yang biayanya sangat mahal. Harapan saya agar segera kembali sembuh serta dapat melanjutkan hidup menafkahi keluarga.

Saya dibantu oleh komunitas Teman Rehab untuk proses penggalangan dana ini. Teman Rehab adalah suatu komunitas kumpulan dokter-dokter yang peduli terhadap pasien-pasien rehabilitasi medik atau pasien dengan disabilitas. Disini mereka membantu dalam proses perawatan dan pemilihan alat yang tepat untuk perawatan yang saya jalani.

Jika ingin membantu inisiatif Teman Rehab lainnya, bisa kunjungi Campaign Page mereka di Teman Rehab

Perkembangan

Diagnosa

Cedera saraf tulang belakang atau spinal cord injury merupakan luka atau kerusakan yang terjadi pada saraf tulang belakang atau saraf yang terletak di ujung saluran (kanal) tulang belakang. Kondisi cedera ini bisa menyebabkan dampak premanen pada kekuatan, sensasi, dan fungsi organ tubuh lain.

Saraf tulang belakang memiliki fungsi untuk menjembatani sinyal-sinyal pesan dari otak menuju organ tubuh lainnya. Berdasarkan jenis pesan yang dikirim, terdapat dua kelompok sel saraf, yakni kelompok saraf motorik dan kelompok saraf sensorik. Kelompok saraf motorik merupakan sel-sel saraf yang membawa sinyal dari otak untuk mengendalikan gerakan otot. Sementara kelompok saraf sensorik adalah sel-sel saraf yang membawa sinyal dari otak untuk mengendalikan posisi anggota gerak, serta sensasi yang berhubungan dengan rasa sakit, dingin, panas, dan tekanan.

Cedera pada saraf tulang belakang dapat memengaruhi fungsi motorik dan sensorik tubuh. Dari rasa sakit, mati rasa, hingga kelumpuhan. Hal ini akan bergantung pada tingkat keparahan dan lokasi cedera. Tingkat keparahan cedera dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Menyeluruh atau lengkap. Tingkat cedera ini melibatkan hilangnya semua kemampuan yang bersifat inderawi (sensorik) dan kemampuan mengendalikan pergerakan (motorik) area yang dipersarafi tulang belakang yang cedera.
2. Lokal atau tidak lengkap. Terjadi bila masih ada beberapa fungsi sensorik atau motorik yang bekerja. Cedera jenis ini memiliki beragam tingkat keparahan tersendiri.

Selain itu, kelumpuhan (paralysis) akibat cedera tulang belakang dapat dikategorikan menjadi:
1. Tetraplegia atau quadriplegi, yang bisa memengaruhi keempat anggota gerak, dada, dan perut.
2. Paraplegia, yang memengaruhi anggota gerak bawah dan organ panggul.

Sumber:
https://www.halodoc.com/kesehatan/cedera-saraf-tulang-belakang

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Donors (loading...)

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar