Menderita penyakit mata yang berbahaya Pria asal Somalia ini membutuhkan pertolonganmu!

WeCare.id

Mohammed

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Terancam mati, itulah yang dialami Mohammed, 22 tahun, seorang pria asal Somalia. Ia adalah salah satu dari ratusan pengungsi yang nasibnya terluntang-lantung di Ibu kota. Sewaktu di negara asalnya, ayah Mohammed dibunuh oleh kelompok militan dan ia pun diancam akan dibunuh jika tidak masuk ke kelompok mereka. Kelompok militan tersebut sering membunuh orang tanpa alasan. Mohammed dan sepupunya berusaha menyelamatkan diri ke tempat yang aman. Ia tidak berasal dari keluarga tidak mampu, sehingga untuk bisa keluar dari negaranya, ia perlu menjual tanah keluarganya. 


Awalnya, ia ingin ke Australia, namun ia tidak bisa sampai kesana karena ditipu di perjalanan hingga akhirnya tidak punya tempat tinggal di Indonesia. Sejak usia 10 tahun, Mohammed memiliki "jerawat" di dalam matanya dan sudah berusaha mendapatkan terapi ketika di Somalia. Namun, pada saat itu alat untuk mengoperasi matanya tidak ada disana disamping ia juga tidak mampu membayar biaya operasi tersebut. Alhasil, hingga saat ini penglihatannya terganggu. Ketika diperiksakan di klinik mata di Jakarta, ia didiagnosis menderita sikratik kornea. 


Sikatrik kornea atau munculnya jaringan parut/jaringan menggantikan jaringan kornea yang rusak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi hingga terjadinya trauma pada mata (benturan atau luka tusuk pada mata). Sikatrik kornea dapat menimbulkan gangguan penglihatan mulai dari kabur sampai dengan kebutaan karena sikatrik ini menyebabkan kekeruhan pada kornea. Jika dibiarkan, pria yang sudah yatim piatu sejak lama ini dapat mengalami kerusakan saraf yang fatal. Mohammed disarankan untuk melakukan prosedur operasi dengan sebelumnya harus melakukan beberapa pemeriksaan laboratorium. Karena tidak bekerja dan tidak memiliki asuransi apapun, Mohammed tidak bisa membayar biaya operasi tersebut. 


Mari bantu biaya operasi Mohammed! 

Perkembangan

Diagnosa

Sikatrik kornea atau munculnya jaringan parut/jaringan menggantikan jaringan kornea yang rusak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi hingga terjadinya trauma pada mata (benturan atau luka tusuk pada mata). Sikatrik kornea dapat menimbulkan gangguan penglihatan mulai dari kabur sampai dengan kebutaan karena sikatrik ini menyebabkan kekeruhan pada kornea. Sikatrik ini dibagi menjadi beberapa kategori. Kategori ringan disebut nebula, kekeruhannya halus dan sukar terlihat dengan senter. Kategori sedang berbentuk makula, kekeruhannya berwarna putih berbatas tegas mudah terlihat dengan senter sedangkan sikatrik berat disebut leukoma kekeruhannya berwarna putih padat yang terlihat jelas oleh mata. Penurunan tajam penglihatan pada mata anda sangat ditentukan oleh letak, luas, serta kepadatan jaringan sikatrik yang terjadi, irregularitas permukaan kornea dan cekungan yang terjadi (misalnya bila sikatrik pada kornea tepat menutupi daerah pupil mata anda, tentu kemungkinan besar cahaya akan sulit masuk untuk diteruskan ke dalam retina mata, sehingga anda akan sulit melihat). Bila sikatrik kornea telah menyebabkan gangguan penglihatan tidak ada pengobatan yang dapat anda lakukan kecuali keratoplasti atau pencangkokan kornea, hal ini tidak mudah dilakukan karena membutuhkan donor kornea yang masih sulit didapat.


Sumber: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-sikatrik-kornea-tergolong-mata-cacat

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Donors (loading...)

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit