None

Iqbal

No. of Donors 22
- terdanai
Rp.4,285,000,-

Funded

Rp.0,-

Needed

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient

Become a Fundraiser

Iqbal (13 Tahun) adalah pasien anak yang dirawat intensi di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo dengan diagnosis Penyakit Wilson. Penyakit Wilson adalah penyaki genetic atau bawaan yang menyebabkan terjadinya penumpukan zat tembaga di dalam sel-sel hati. Penyakit Wilson ini jarang ditemukan, namun dapat mematikan. Untungnya, kematian dapat dicegah bila dilakukan deteksi dan pengobatan lebih awal. Penumpukan tembaga yang dialami oleh Iqbal terjadi di otak sehingga menyebabkan kekakuan, kejang dan tremor.

Tindakan medis yang sudah dilakukan adalah MRI, Endoskopi, Ligasi, Pemeriksaan kadar tembaga dalam darah. Kondisi saat ini Iqbal rawat jalan dengan pengobatan dan kontrol rutin ke RSCM. Konsumsi obat pada penderita penyakit Wilson harus diminum seumur hidup, bila berhenti minum obat maka gejala dapat kembali kambuh. Iqbal memiliki BPJS untuk membiayai pengobatan rutinnya, namun ada beberapa kebutuhan rutin yang mendukung pengobatan tidak ditanggung pasien yaitu pembelian susu dan kursi roda. Konsusmsi satu kaleng sehari dan kursi roda yang membantu Iqbal saat kontrol ini sulit dijangkau oleh orang tua Iqbal yang bapaknya bekerja sebagai buruh bangunan lepas dengan penghasilan Rp 3 Juta per bulannya dan Ibu sebagai ibu rumah tangga.

Seluruh perawatan Iqbal dilakukan di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo. Rincian biaya kebutuhan Iqbal yang perlu dibantu adalah Kebutuhan susu Ensure : Rp 3.450.000/bulan dan Pembelian kursi roda : Rp 1.850.000,- 5% operasional WeCare.id

Total kebutuhan Rp 5.300.000.

Yuk kita bantu Iqbal untuk membeli susu untuk perbaikan gizinya dan pembelian kursi roda untuk mempermudah gerak Iqbal!

Perkembangan

Diagnosa

Wilson disease merupakan penyakit keturunan langka yang menyerang 1 dari 30.000 orang di seluruh dunia. Penyakit ini terjadi karena penumpukan tembaga di hati, otak, dan organ vital lainnya. Penyakit ini biasa menyerang orang berumur 5-35 tahun karena dibutuhkan waktu bertahun-tahun hingga tembaga menumpuk berlebih dan justru mengganggu kesehatan bahkan mengancam hidup.

Gejala Wilson Disease tergantung pada bagian tubuh yang terkena gangguan. Pada hati, tubuh terasa lemah dan lelah dan kulit menguning sedangkan gejala pada otak yaitu menurunnya daya ingat dan kemampuan bicara. Gejala pada mata adalah munculnya cincin Kayser-Felischer (Kayser-Felisher ring) dan katarak berbentuk bunga matahari (sunflower cataract). Gejala lainnya yang dapat dihadapi oleh pengindap Wilson Disease adalah kuku berwarna biru, batu ginjal, osteoporosis prematur, arthritis, menstruasi tidak teratur, dan lain-lain.

Sumber:

http://www.alodokter.com/penyakit-wilson

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wilsons-disease/symptoms-causes/syc-20353251

Rincian Dana

Total
Rp.0,-


Disbursement


Total disbursement dana untuk pasien
Rp.3,900,000,-


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
29 April 2019
Penicillamine Iqbal Oktober
Rp.1,950,000,-
29 April 2019
Penicillamine Iqbal September
Rp.1,950,000,-
Load More

Donors (22)

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser

Hit Enter to search. Hit Esc to exit