Menderita Kanker Langka Stadium 4, Devino Butuh Pertolonganmu!

Devino Athala Ardhani

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Berhari-hari Devino merintih dan menangis kesakitan. Seiring berjalannya waktu sang Bunda melihat perut anaknya semakin membesar dan teraba benjolan. Setelah melalui pemeriksaan biopsi pada kelenjar leher, diketahui bahwa Devino menderita neuroblastoma stadium 4.

"Kenapa ini harus terjadi pada anakku?" terkadang pertanyaan itu muncul di benak ibunda Devino yang tak kuasa melihat sang buah hati harus berjuang melawan penyakit kanker diusia yang masih sangat kecil.

Sampai saat ini, Devino masih terus menjalani kemoterapi. Kata dokter jadwal kemoterapi tidak boleh terlewatkan karena akan membahayakan nyawa Devino. Obat yang dibutuhkan pun harus beli sendiri karena beberapa tidak ditanggung BPJS, apalagi susu khusus untuk Devino dan transportasi ke rumah sakit pusat cukup mahal.

Keluarga Devino tidak sanggup memenuhi kebutuhan pengobatan Devino, sang ayah bekerja sebagai seorang buruh serabutan dengan penghasilan pas-pasan dan sang ibu bekerja sebagai ibu rumah tangga. Sambil berusaha tegar, ibunda Devino menitihkan air mata dan berdoa dalam hati, "Berikanlah kesembuhan untuk Devino, Ya Allah.."

Perkembangan

Diagnosa

Neuroblastoma adalah jenis kanker langka yang berkembang dari neuroblast atau sel-sel saraf yang belum matang pada anak-anak. Pada kasus neuroblastoma, neuroblast yang seharusnya tumbuh dan berfungsi sebagai sel saraf justru membentuk benjolan berupa tumor padat.

Neuroblastoma lebih sering terjadi pada salah satu kelenjar andrenal di atas ginjal, atau pada jaringan saraf tulang belakang yang membentang dari leher, dada, perut, hingga panggul. Penyakit kanker langka ini dapat menyebar dengan cepat ke organ lain, seperti sumsum tulang, kelenjar getah bening, tulang, hati, serta kulit. Sebagian besar kasus neuroblastoma terjadi pada anak-anak usia 5 tahun ke bawah.

Gejala neuroblastoma bisa bermacam-macam, tergantung pada bagian tubuh yang terserang. Gejala awal dapat terlihat samar dan sulit ditemukan.

Neuroblastoma yang menyerang daerah perut ditandai dengan nyeri perut, konstipasi, kulit perut yang terasa keras apabila disentuh, perut menjadi bengkak, selera makan berkurang, dan penurunan berat badan. Jika kondisi ini timbul di dada, dapat menimbulkan gejala berupa nyeri dada, sesak napas disertai mengi, dan perubahan pada mata (ukuran pupil menjadi berbeda dan kelopak mata turun). Sedangkan apabila neuroblastoma menyerang saraf tulang belakang, maka bagian tubuh bawah bisa menjadi lemah, mati rasa, atau mengalami gangguan pergerakan.

Perkembangan neuroblastoma dapat digolongkan menjadi 4 stadium, yaitu:
* Stadium 1 − Kanker berada pada satu tempat, belum menyebar, dan dapat dihilangkan dengan operasi.
* Stadium 2 − Kanker belum menyebar dan masih berada di satu tempat, namun tidak mudah dihilangkan dengan operasi.
* Stadium 3 − Tumor tidak bisa dihilangkan melalui operasi karena ukurannya yang besar.
* Stadium 4 − Kanker sudah menyebar ke organ lain.

Sumber:
https://www.alodokter.com/neuroblastoma

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar