Kurang Gizi dan Gagal Ginjal Kronis Menimpa Dava, bantuanmu sangat diharapkan!

WeCare.id

Dava P

No. of Donors 15
117.46% terdanai
Rp.3,055,800,-

Funded

Rp.0,-

Needed

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient

Become a Fundraiser

Siapa yang ingin buah hatinya menderita? tentu tidak ada. Begitupun dengan ibunda dari Dava, seorang anak usia 7 tahun yang menderita penyakit serius. Jika bisa ditukar, mungkin seorang ibu dapat meminta agar dirinya saja yang sakit daripada melihat anaknya menderita. Ibunda Dava sangat terpukul ketika tahu anaknya masih sangat kecil dan tidak berdosa ini mengidap gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Ginjal Dava tidak berfungsi untuk menyaring darah lagi, sehingga ia harus menjalankan hemodialisis atau cuci darah secara rutin. Tentu bukan hal yang mudah bagi seorang anak yang lazimnya bermain dengan ceria dan belajar untuk masa depan. Kondisi gizi Dava pun dikatakan kurang. Bocah berbadan kurus ini harus meminum susu tinggi nutrisi. Dava juga harus rutin ke rumah sakit, selain untuk hemodialisis, kondisinya harus sering dipantau melalui pemeriksaan laboratorium. Di rumah pun ia memerlukan alat medis seperti termometer dan alat tensi agar kondisinya terawasi dengan baik.

"Dava dirawat sudah 8 hari di rumah sakit karenaa akses (cuci darah)nya. Kemarin sewaktu cuci darah menggigil dan panas tinggi" cerita Ibunda Dava. Orang tua Dava sering kesulitan biaya untuk berangkat ke rumah sakit karena transportasi yang cukup mahal dari Cibitung ke Jakarta. Sang ayah bekerja sebagai penjaga karcis parkir dan penghasilannya sangat minim. Ia tidak sanggup jika harus membiayai kebutuhan medis Dava, jangankan alat medis, susu atau pemeriksaan laboratorium yang dibutuhkan, iuran BPJS pun kadang ia bisa bayar, kadang tidak.

Mari bantu Dava berjuang untuk sembuh!

Perkembangan

Diagnosa

Penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Ginjal berfungsi menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Setiap hari, kedua ginjal menyaring sekitar 120-150 liter darah, dan menghasilkan sekitar 1-2 liter urine.

Di dalam setiap ginjal, terdapat unit penyaring atau nefron yang terdiri dari glomerulus dan tubulus. Glomerulus menyaring cairan dan limbah untuk dikeluarkan, serta mencegah keluarnya sel darah dan molekul besar yang berbentuk protein.

Selanjutnya, saat darah melewati unit penyaring tubulus, mineral yang dibutuhkan tubuh disaring kembali sedangkan sisanya dibuang sebagai limbah.

Selain menyaring limbah dan kelebihan cairan, fungsi ginjal lain yang penting dalam tubuh, di antaranya:

  • Menghasilkan enzim renin yang menjaga tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh tetap normal.
  • Membuat hormon eritropoietin yang merangsang sumsum tulang memproduksi sel darah merah.
  • Memproduksi vitamin Ddalam bentuk aktif yang menjaga kesehatan tulang.
  • Dalam kondisi gagal ginjal kronis, cairan dan elektrolit, serta limbah dapat menumpuk dalam tubuh. Gejala dapat terasa lebih jelas saat fungsi ginjal sudah semakin menurun. Pada tahap akhir GGK, kondisi penderita dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan terapi pengganti ginjal, salah satunya cuci darah.

Penyakit ginjal kronis merupakan masalah kesehatan global yang jumlahnya terus meningkat. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 oleh Kementrian Kesehatan RI, sebanyak 0,2% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Berdasarkan Indonesian Renal Registry yang digagas oleh perkumpulan dokter ginjal se-Indonesia, pada tahun 2016, lebih dari 8000 pasien GGK disebabkan oleh diabetes (nefropati diabetik), dan merupakan penyebab terbanyak di Indonesia. Disusul oleh hipertensi yang jumlahnya hampir 4000 penderita.

Penderita GGK yang aktif cuci darah juga terus meningkat dari 30 ribu pada tahun 2015, menjadi lebih dari 50 ribu pada tahun 2016. Hal ini baik, karena semakin banyak penderita gagal ginjal kronis tahap akhir yang sudah mengerti dengan pengobatannya. Namun di sisi lain juga menjadi peringatan karena kurang baiknya penanganan gagal ginjal kronis, sehingga membutuhkan terapi pengganti ginjal.

Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal Kronis Gejala gagal ginjal kronis seringkali muncul ketika sudah masuk tahap lanjut. Gejala tersebut meliputi: * Kemunculan darah dalam urine. * Pembengkakan pada tungkai. * Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. * Gagal ginjal kronis disebabkan oleh kerusakan fungsi ginjal, akibat penyakit yang terjadi dalam jangka panjang. Penyakit tersebut bisa diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit asam urat.

Cara Mengobati dan Mencegah Gagal Ginjal Kronis Penanganan GGK bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah kondisi penyakit bertambah buruk akibat limbah yang tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Untuk itu, deteksi dini dan penanganan secepatnya sangat diperlukan. Secara umum, pengobatan gagal ginjal kronis meliputi:

  • Pemberian obat-obatan
  • Cuci darah
  • Transplantasi ginjal

Sumber: https://www.alodokter.com/gagal-ginjal-kronis

Rincian Dana

Biaya Marketing Campaign
Rp.236,500,-
Iuran BPJS
Rp.225,000,-
Transportasi
Rp.360,000,-
Alat medis
Rp.480,000,-
Susu
Rp.900,000,-
Pemeriksaan Penunjang
Rp.400,000,-

Total
Rp.2,601,500,-


Disbursement


Total disbursement dana untuk pasien
Rp.2,622,100,-


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
13 September 2019
Bantuan cek lab Dava P ke-3
Rp.875,000,-
13 September 2019
Bantuan cek lab Dava P ke-3
Rp.875,000,-
13 September 2019
Bantuan transportasi ke-2
Rp.459,000,-
19 August 2019
Bantuan cek lab Dava P ke-1
Rp.413,100,-
Load More

Donors (15)

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser

Hit Enter to search. Hit Esc to exit