Tak Punya Biaya ke RS, Kanker yang dialami Hartati Menjalar ke Bagian Lain

img-medikator
Nadia Hayrany

Budi Hartati

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Bantu Ibu Hartati Pejuang Kanker Payudara!


Hartati (53 tahun), seorang ibu yang terdiagnosa kanker payudara. Beliau terus berjuang melawan kanker yang dialaminya seorang diri karena suaminya telah meningggal dunia. Anak-anaknya sangat sedih sekali melihat kondisi Ibu yang dulu sangat aktif berkegiatan sosial jadi perlahan sakit dan lemas. Ibu Hartati telah melakukan operasi pengangkatan satu payudaranya dan beberapa kemoterapi.

Namun, saat ini kemoterapi terhenti karena ibu Hartati tak lagi ada biaya ke rumah sakit. Meski putra bungsunya banting tulang kerja serabutan narik becak dan sekaligus jadi satpam, biaya pengobatan tak juga terpenuhi semua. Upah harian yang didapatkan hanya cukup untuk biaya makan sehari-hari. Sehingga kemoterapi dan terapi radiasi yang sudah dijadwalkan sampai 13x pun terpaksa tak dilakukan.

Hari demi hari berjalan tanpa pengobatan yang seharusnya dijalani, sel kanker pun menjalar ke bagian tubuh lainnya. Kini bu Hartati hanya bisa duduk, terbaring, dan menangis kesakitan ditempat tidur sambil menunggu anaknya pulang narik becak.

Perkembangan

Diagnosa

Kanker payudara adalah pertumbuhan abnormal sel-sel payudara yang terkadang dapat dirasakan sebagai benjolan atau massa yang disebut tumor. Tumor terjadi ketika sel-sel payudara membelah tanpa terkendali dan menghasilkan jaringan tambahan. Suatu tumor payudara dapat bersifat jinak (tidak bersifat kanker) atau ganas (bersifat kanker). Sel-sel yang bersifat kanker dapat menyebar di dalam payudara, ke kelenjar getah bening di ketiak, dan ke bagian tubuh lainnya.

Penyebab kanker payudara tidak diketahui, terkadang dapat terjadi pada wanita yang memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit tersebut (penyebab genetik/keturunan) atau yang mulai mengalami menstruasi sejak usia muda (penyebab hormonal). Hormon wanita yang normal mengendalikan pembelahan sel-sel payudara, dan dapat memicu timbulnya kanker payudara. Wanita berusia di atas 40 tahun lebih mudah terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang lebih muda.

Sumber:
https://www.mountelizabeth.com.sg/id/facilities-services/centre-excellence/cancer/breast-cancer

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar