Menderita Thalassemia Sejak Kecil, Billy Harus Tranfusi Darah Selama Hidupnya. Yuk Bantu Adik Billy !

img-medikator
Rumah Zakat

Billy Hernando

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

“Kalau mama nggak punya ongkos, padahal harus transfusi darah, ya aku musti tahan badan sakit semua, susah tidur, gelisah, makan kerasa pahit dimulut” (Billy) Sembilan tahun lalu usia Billy sekitar 1 tahun, tiba-tiba saja ia demam tinggi hingga kejang, perutnya membesar dan badannya menguning.

Setelah menjalani pemeriksaan ternyata HB (Hemoglobin) Billy hanya diangka 4, sedangkan angka normalnya 13, saat itu juga Billy didiagnosa Thalassemia Betha Mayor. Thalessemia adalah kelainan darah yang menyebabkan tubuhnya tak mampu memproduksi hemoglobin secara cukup.

Sedih, saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit Thalassemia secara total, pengobatan yang paling optimal saat ini hanyalah transfusi darah seumur hidup. Semenjak itulah Billy harus berjuang bertahan hidup dengan Transfusi darah, pergi ke rumah sakit yang jaraknya cukup jauh dari rumahnya.

Perkembangan

Diagnosa

Thalassemia merupakan kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika, sehingga menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan sehaerusnya digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin. Fungsi hemoglobin dalam sel darah merah sendiri sangat penting, karena ia akan mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh. Mereka yang mengidap thalassemia memiliki sedikit kadar hemoglobin yang berfungsi dengan baik lebih. Oleh karena itu, tingkat oksigen dalam tubuh pengidap thalassemia pun ikut rendah. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat dialami jika tubuh kekurangan oksigen: * Mudah mengantuk. * Letih. * Pingsan. * Sulit bernapas.

Thalassemia Beta Mayor Jenis thalassemia ini bisa disebut yang paling parah. Setelah didiagnosis, pengidapnya diharuskan untuk melakukan transfusi darah secara rutin. Umumnya pada 1-2 tahun pertama kehidupan, pengidap jenis kelainan darah ini cenderung sering sakit. Inilah yang membuat pertumbuhan dan perkembangannya jadi terganggu.

Sumber: https://www.halodoc.com/kesehatan/thalassemia https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-jenis-jenis-kelainan-darah-thalassemia

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar