Usia 5 tahun Alex Belum Bisa Berjalan Akibat Lumpuh Otak

img-medikator
Rehab Medik

Alexander Gabriel

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Bantu Alex Melawan Penyakitnya!


Sejak usia 9 bulan, Alex sering mengalami kejang berulang. Dokter mendiagnosis Alex dengan epilepsi dan cerebral palsy (kelumpuhan otak). Sekarang di usia hampir 6 tahun, Alex belum bisa berjalan sehingga memakai bantuan kursi roda, perkembangannya pun berbeda dari anak seumurnya.

Dampak dari penyakit yang dideritanya, Alex bisa mengalami keterlambatan tumbuh kembang jika tidak ditangani dengan optimal. Dokter Rehabilitasi Medik menyarankan Alexander untuk menggunakan sepatu khusus ankle foot orthosis untuk mengurangi kekakukan pada kaki. Sehingga dengan bantuan sepatu khusus tersebut Alexander dapat berdiri tegak dan berjalan.

Namun, keluarganya tidak menyanggupi lantaran tidak punya biaya. Harganya cukup mahal dan tidak dicover oleh BPJS. Alex berasal dari keluarga yang sederhana, ayahnya tidak bekerja semenjak pandemi sedangkan ibunya hanya ibu rumah tangga. Biaya hidup sehari-hari ditanggung oleh kakak Alex. Itupun terkadang kurang, berhubung Alex membutuhkan banyak biaya pengobatan yang tidaklah murah.

Alexander dibantu oleh komunitas Teman Rehab untuk proses penggalangan dana ini. Teman Rehab adalah suatu komunitas kumpulan dokter-dokter yang peduli terhadap pasien-pasien rehabilitasi medik atau pasien dengan disabilitas. Disini mereka membantu dalam proses perawatan dan pemilihan alat yang tepat untuk perawatan Alexander.

Jika ingin membantu inisiatif Teman Rehab lainnya, bisa kunjungi Campaign Page mereka di Teman Rehab

Perkembangan

Diagnosa

Cerebral Palsy merupakan kumpulan gangguan yang mempengaruhi pergerakan, tonus otot dan postur tubuh. Gangguan ini disebakan adanya kerusakan yang terjadi saat proses perkembangan otak. Tanda dan gejala muncul selama masa pertumbuhan atau usia preschool. Umumnya, Cerebral Palsy menyebabkan gangguan gerak dengan refleks yang abnormal, kelemahan atau kekakuan pada anggota gerak dan badan, postur yang abnormal, pergerakan yang tidak disadari, dan berbagai kombinasi lainnya. Pada Cerebral Palsy dapat memiliki gangguan lainnya seperti, gangguan menelan dan ketidakseimbangan otot mata, sehingga membuat mata tidak fokus pada objek yang sama. gangguan ini juga menyebabkan keterbatasan gerak dari beberapa sendi

Epilepsi atau ayan merupakan kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Epilepsi bisa menyerang seseorang ketika terjadinya kerusakan atau perubahan di dalam otak. Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. Setiap sel saraf saling berkomunikasi menggunakan impuls listrik. Pada kasus epilepsi, kejang terjadi ketika impuls listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan, sehingga menyebabkan perilaku atau gerakan tubuh yang tidak terkendali.

Sumber:
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cerebral-palsy/symptoms-causes/syc-20353999
https://www.halodoc.com/kesehatan/epilepsi

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar