Bantu Alvino Melawan Penyakitnya

Alvino Syanendra Saleh

No. of Donors
terdanai

Funded

Needed

Sejak usia 4 bulan, tubuh Alvino tampak biru. Hari demi hari kondisi Alvino semakin lemah tak berdaya. Jangankan melihat, membayangkannya saja saya tak kuasa, begitulah kondisi Alvino, putra pertama keluarga kecil kami. Setelah melakukan berbagai pemeriksaan, dokter mengatakan Alvino menderita jantung bocor dan hipertensi paru-paru. Tetesan air mata perlahan jatuh saat mendengar dokter mengatakan hal itu terjadi pada anak saya. Penyakit yang diderita Alvino mengganggu tumbuh kembangnya. Hal tersebut juga membuat Alvino tak sekuat anak lain seusianya. Sampai saat ini, anak saya belum bisa berdiri sendiri.

Di usia yang masih kecil, Alvino harus menjalani pengobatan jangka panjang. Saya harus ikhlas menerima cobaan ini. Tak henti untuk terus berusaha melakukan berbagai cara agar Alvino bisa segera sembuh. Untuk menangani kasus seperti yang dialami Alvino, dibutuhkan biaya yang tidak ringan. Saya berasal dari keluarga sederhana, saya bekerja sebagai karyawan di bengkel. Penghasilan yang didapatkan tidak cukup untuk biaya kebutuhan perawatan Alvino. Semoga masih ada yang mau membantu Alvino.

Perkembangan

Aug. 11, 2020
Bantuan Nutrisi untuk Alvino

Penggalangan dana Alvino sudah terkumpul sebagian. Hasil donasi yang †erkumpul telah disalurkan untuk pembelian susu untuk Alvino. Semoga dengan bantuan dari #temanpeduli Alvino dapat terus rutin mendapatkan susu setiap bulannya.

timeline

Diagnosa

Defek septum ventrikel atau ventricular septal defect (VSD) adalah kelainan jantung yang ditandai dengan adanya celah atau lubang di antara kedua bilik jantung. Pada kondisi normal, seharusnya tidak ada lubang atau celah di antara kedua bilik jantung.
Defek septum ventrikel merupakan salah satu jenis penyakit jantung bawaan. Kondisi ini dapat terjadi mulai usia kehamilan 8 minggu, yaitu ketika pembentukan jantung janin berlangsung di dalam kandungan. Defek septum ventrikel menyebabkan bilik kiri jantung bekerja lebih keras hingga menimbulkan gangguan katup dan gagal jantung.

Hipertensi pulmonal atau hipertensi paru adalah kondisi di mana tekanan di dalam pembuluh darah yang berasal dari jantung menuju paru‐paru terlalu tinggi.
Pada hipertensi pulmonal, peningkatan tekanan darah terjadi akibat perubahan pada sel yang melapisi arteri pulmonal. Perubahan tersebut dapat menyebabkan dinding arteri pulmonal menjadi lebih tebal dan kaku, serta terbentuknya jaringan yang berlebih. Pembuluh darah juga dapat mengalami peradangan. Perubahan yang terjadi pada arteri pulmonal tersebut dapat menurunkan atau menghambat aliran darah melalui pembuluh darah. Hal ini dapat mempersulit darah untuk mengalir, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah pada arteri pulmonal.

TGA (Transposition of the Great Artery) adalah kelainan dimana kedua pembuluh darah arteri besar tertukar letaknya, yaitu aorta keluar dari ventrikel kanan dan arteri pulmonalis dari ventrikel kiri. Pada kelainan ini sirkulasi darah sistemik dan sirkulasi darah paru terpisah dan berjalan paralel. Kelangsungan hidup bayi yang lahir dengan kelainan ini sangat tergantung dengan adanya percampuran darah balik vena sistemik dan vena pulmonalis yang baik, melalui pirau baik di tingkat atrium (ASD), ventrikel (VSD) ataupun arterial (PDA). Ada 2 macam TGA, yaitu (1) dengan Intact Ventricular Septum (IVS) atau tanpa VSD, dan (2) dengan VSD. Masing-masing mempunyai spektrum presentasi klinis yang berbeda dari ringan sampai berat tergantung pada jenis dan beratnya kelainan serta tahanan vaskuler paru.
Penampilan klinis yang paling utama pada TGA dengan IVS adalah sianosis sejak lahir dan kelangsungan hidupnya sangat tergantung pada terbukanya PDA. Sianosis akan makin nyata saat PDA mulai menutup pada minggu pertama kehidupan dan bila tidak ada ASD akan timbul hipoksia berat dan asidosis metabolik. Sedangkan pada TGA dengan VSD akan timbul tanda dan gejala akibat aliran ke paru yang berlebih dan selanjutnya gagal jantung kongestif pada usia 2–3 bulan saat tahanan vaskuler paru turun. Karena pada TGA posisi aorta berada di anterior dari arteri pulmonalis maka pada auskultasi akan terdengar bunyi jantung dua yang tunggal dan keras, sedangkan bising jantung umumnya tidak ada kecuali bila ada PDA yang besar, VSD atau obstruksi pada alur keluar ventrikel kiri.

Sumber:
https://www.alodokter.com/defek-septum-ventrikel
https://www.halodoc.com/kesehatan/hipertensi-pulmonal
http://staff.ui.ac.id/system/files/users/poppy.roebiono/material/diagnosisdantatalaksanapjb-2.pdf

Rincian Dana


Disbursement


Total disbursement dana untuk campaign ini


Berikut adalah detail transaksi pencairan dana :

Tanggal
Transaction
Amount
Lihat lebih banyak Lihat lebih sedikit

Donors (loading...)

Fundraisers (0)

This patient does not have fundraiser

Help this campaign as a fundraiser. The fund you collected will directly fund this patient.


Become a Fundraiser
fb-share Donate Now

Hit Enter to search. Hit Esc to exit

snackbar